Berita Malang Raya

Sidang Perdana Gugatan Warga ke PDAM Kota Malang, Warga Ajukan 3 Tuntutan

PDAM Kota Malang digugat dua warga Perumahan Bulan Terang Utama (BTU) yang dirugikan oleh krisis air bersih. Hari ini sidang perdana digelar

Sidang Perdana Gugatan Warga ke PDAM Kota Malang, Warga Ajukan 3 Tuntutan
suryamalang/aminatus sofya
Sidang perdana gugatan warga perumahan BTU ke PDAM kota Malang, Selasa (28/1/2020) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

SURYA.co.id | MALANG - Perumda Tugu Tirta atau PDAM Kota Malang digugat dua warga Perumahan Bulan Terang Utama (BTU) yang dirugikan oleh krisis air bersih

Hari ini (28/1/2020), sidang perdana gugatan itu digelar. 

Dalam sidang perdana, warga bersedia berdamai asal permintaan mereka dituruti.

Kuasa hukum warga, Abdul Wahab mengatakan ada tiga permintaan warga yang diajukan dalam mediasi.

Pertama, mereka meminta Wali Kota Malang Sutiaji berhenti membuat pernyataan bahwa krisis air di Kota Malang karena force majeure atau keadaan kahar.

“Ini bukan force majeure. Force majeure itu karena bencana alam. Ini kesalahan manusia yang tidak cermat,” ucap Wahab, Selasa (28/1/2020).

Ketidakcermatan itu, lanjutnya, adalah perihal pemasangan pipa transmisi yang tidak sesuai spesifikasi. PDAM Kota Malang memasang pipa transmisi yang hanya dapat menampung tekanan air 1.000 kPa. Sementara tekanan yang didapat di pipa itu sebesar 1.600 kPa.

“Karena itu tuntutan kedua kami adalah PDAM harus merevitalisasi jaringannya. Gantilah itu pipa sesuai spesifikasinya. Kalau tidak, ya bocor lagi,” jelas dia.

Pria yang juga Ketua LBH BIMA ini meminta PDAM Kota Malang menggratiskan tagihan selama perbaikan pipa berlangsung. Namun, kebutuhan air warga juga harus menjadi prioritas.

Halaman
12
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved