Berita Pasuruan

Plt Wali Kota Pasuruan Sarankan ASN Gentle, Jika Mau Daftar Pilwali Silahkan Mundur

Ia mengingatkan, ASN jangan sampai terlibat dalam kampanye, membuat kebijakan yang menguntungkan para calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota

surya.co.id/galih lintartika
Plt Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo saat Sosialisasi pengawasan partisipatif dengan ASN pada Pilwali Kota Pasuruan 2020 bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pasuruan di Hotel Horison Pasuruan, Selasa (28/1/2020) siang. 

SURYA.co.id | PASURUAN - Plt Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo menyarankan para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdinas di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan untuk gentle jika memang mau mendaftar Pemilihan Walikota (Pilwali) Kota Pasuruan 2020.

Hal itu ditegaskan pria yang akrab disapa Teno ini saat membuka acara Sosialisasi pengawasan partisipatif dengan ASN pada Pilwali dan Pilwawali Kota Pasuruan 2020 bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pasuruan di Hotel Horison Pasuruan, Selasa (28/1/2020) siang.

Teno menjelaskan, jadi ASN harus gentle.

Kata dia, jika memang sudah menentukan sikap untuk berpolitik silahkan mundur dari statusnya sebagai ASN.

Menurutnya, hal itu akan lebih terhormat daripada memanfaatkan jabatannya.

Ia mengingatkan, ASN jangan sampai terlibat dalam kampanye, membuat kebijakan yang menguntungkan para calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam kampanye atau tindakan lain yang melanggar kode etik sebagai abdi negara dalam hal ini ASN.

"Kalau bisa tetap menjaga netralitas. Saya menyadari ASN ini juga manusia dan memiliki hak politik, tapi jangan dicampurkan dengan statusnya sebagai ASN, itu tidak profesional. Saya tegaskan, tidak usah bermain politik, nanti akan ada sanksi yang didapatkan jika terbukti," papar dia.

Ia menyadari beberapa waktu lalu, ada salah satu ASN yang sudah mendeklarasikan diri untuk maju sebagai Calon Walikota Pasuruan.

Ia tidak mempermasalahkan hal itu, dan itu haknya.

Akan tetapi, jadi lebih baik jika memang mundur dulu dari statusnya sebagai ASN.

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved