Pilkada Situbondo 2020

8 Pendaftar PPK Pilkada Situbondo 2020 Tak Lolos Seleksi Admintrasi, Ini Sebabnya

Sebanyak delapan pendaftar Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK Pilkada Situbondo 2020 dinyatakan tidak lulus administrasi oleh KPU Situbondo

izi hartono/surya
Ketua KPU Situbondo, Marwoto, saat memberikan keterangan soal seleksi PPK Pilkada Situbondo 2020 

SURYA.co.id | SITUBONDO - Sebanyak delapan pendaftar Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK Pilkada Situbondo 2020 dinyatakan tidak lulus administrasi oleh KPUD Situbondo.

"Dari 380 yang mendaftar PKK, delapan pendaftar tidak lulus. Jadi yang pendaftar yang bisa mengikuti tahapan berikutnya sebanyak 372 pendaftar dari 17 kecamatan" ujar Marwoto, Ketua KPUD Situbondo, kepada Surya, Selasa (28/1/2020).

Marwoto menyebut alasan ketidaklulusan pendaftar itu dikarena ada beberapa faktor, di antaranya karena foto copy ijazahnya tidak dilegalisir, tidak menyertakan foto kopi ijazah, menjadi PPK dua periode dan pernah menjadi tim pemenangan.

"Mereka yang dua periode itu akan muncul di program KPU," katanya.

Ada dua pendaftar yang terindikasi dua periode itu, mereka berasal dari kecamatan Suboh dan Situbondo.

"Bagi pendaftar yang lulus administrasi, mereka bisa mengambil nomor tes di kantor KPU. Sedangkan untuk tes tulisnya akan digelar tanggal 30 Januari ini," jelasnya.

Saat ditanya terkait ada titipan, Marwoto menegaskan KPU Situbondo tetap konsisten untuk transparansi.

"Jadi dalam rekrutmen PPK ini, suara sumbang itu bukan hanya sekarang saja. Akan tetapi sebelumnya sudah seperti itu," ungkapnya.

Namun, lanjut Marwoto, pihaknya akan menguatkan kepada masyarakat, bahwa tentang orang orang yang dipilih KPU itu adalah orang yang memang punya integritas dan kemampuan sebagai penyelenggara.

"Makanya kami butuh masukan masukan dari masyarakat, bahkan tanggapan masyarakat di periode kali ini bukan satu kali dan akan tetapi dua kali tanggapan masyarakat," jelasnya.

Dikatakan, masyarakat dapat menyampaikan tanggapannya ke KPU dengan syarat syarat memberikan identitas yang jelas terhadap orang yang mau dilaporkan, memberikan isian tanggapannya.

"Apa terlibat partai politik atau dua periode, terpidana dan lain lainnya," pungkasnya.

Penulis: Izi Hartono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved