Berita Malang Raya

RSSA Kota Malang Siapkan Ruang Khusus Untuk Pasien yang Terjangkit Virus Corona

RSSA Malang telah menyiapkan fasilitas khusus apabila mereka kedatangan pasien yang diduga terjangkit virus corona.

suryamalang/aminatus sofya
Papan penunjuk arah menuju Ruang Isolasi 29 di RS Saiful Anwar Kota Malang. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

SURYA.co.id | MALANG - Rumah Sakit dr Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang menyiapkan satu ruang khusus untuk pasien yang diduga terjangkit virus corona. Jika jumlah pasien bertambah atau lebih banyak, rumah sakit milik Pemprov Jawa Timur ini juga bakal memfungsikan ruang Isolasi 29 yang bisa menampung 18 orang.

“Satu ruang khusus isinya lima orang. Apabila ditambah dengan ruang isolasi 29 maka totalnya bisa menampung 23 pasien,” terang Sekretaris Tim Penyakit Infeksi Re-Emerging RS Saiful Anwar, dr Rezki Tantular, Senin (27/1/2020).

Untuk menangani virus corona, RSSA juga telah menugaskan 40 tenaga medis yang terdiri dari dokter spesialis dan perawat. Para tenaga medis ini akan bekerja sama menangani virus yang belum tersedia antivirusnya itu.

“Ada spesialis anak, paru, penyakit dalam, mikrobilogi, radiologi dan mitologi. Semua SK tentang tenaga medis itu sudah ditandatangani oleh direktur,” ungkap dia.

Rezki mengatakan, proses evakuasi pasien corona juga bakal dilakukan secara khusus. Perawat dan dokter yang sedang menangani pasien corona, diwajibkan memakai peralatan khusus, ambulans khusus serta melindungi diri secara maksimal.

“Pasien yang diduga corona tidak boleh lewat di jalur evakuasi biasa. Kami sediakan jalur yang lain,” bebernya.

Meski telah menyiapkan beberapa skenario penanganan, RSSA tetap menuunggu hasil laboratorium untuk menentukan positif atau tidaknya pasien dari virus corona. Namun, isolasi terhadap pasien terduga corona akan tetap dilakukan.

“Biasanya hasil laboratorium keluar antara dua sampai tiga hari,” ujar Rezki.

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved