Berita Gresik

Presiden Joko Widodo Bagikan 2.020 Sertifikat Tanah di Gresik

2.020 sertifikat tanah dibagikan Presiden Joko Widodo di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP), Gresik, Senin (27/1/2020).

Presiden Joko Widodo Bagikan 2.020 Sertifikat Tanah di Gresik
SURYA.co.id/Willy Abraham
Presiden Joko Widodo saat menunjukkan sertifikat tanah kepada 2.020 masyarakat di WEP, Gresik, Senin (27/1/2020). 

SURYA.co.id | GRESIK - Sebanyak 2.020 sertifikat tanah dibagikan Presiden Joko Widodo di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP), Gresik, Senin (27/1/2020).

Jokowi meminta masyarakat jika menggunakan sertifikat ke bank sebagai jaminan agar digunakan sebagai modal usaha secukupnya.

Tidak hanya warga Gresik, sejumlah warga di Jawa Timur seperti di Surabaya, Lamongan, Bangkalan dan Sidoarjo mendapat sertifikat tanah gratis.

Jokowi meminta masyarakat pemegang sertifikat tanah di lima wilayah itu lebih teliti dulu jika ingin dijadikan sebagai jaminan pinjaman ke bank.

"Harus dihitung betul keperluan untuk modal usaha berapa. Nyicil harus dikalkulasi sanggup tidak nyicil transfer setiap bulan," ujarnya, Senin (27/1/2020).

Seperti, Atika yang memiliki 23 m² bidang tanah. Rencananya sertifikat tanah tersebut akan digunakan sebagai jaminan ke bank sebagai modal usaha sebesar Rp 20 juta. Nantinya uang sebesar itu akan digunakan untuk usaha jual es degan.

Rinciannya, Rp 10 juta untuk biaya sewa sedangkan Rp 5 juta untuk beli degan sedangkan sisanya ditabung.

"Kalau perlu cukup Rp 15 juta saja," kata dia.

Sedangkan salah satu penerima manfaat, Jawali asal Paciran, Kabupaten Lamongan, memiliki empat ribu m² mengaku akan menyimpan sertifikat tersebut karena takut tidak bisa membayar angsuran.

Menurut Jokowi, pada tahun 2017 pemerintah telah membagikan sebanyak 5 juta sertifikat tanah, kemudian tahun 2018 meningkat menjadi 7 juta dan tahun 2019 menjadi sebanyak 9 juta sertifikat tanah yang dibagikan kepada masyarakat secara gratis.

"Kalau terus-terusan tidak berubah, masak iya menunggu ini sampai 160 tahun baru diterima," pungkasnya.

Penulis: Willy Abraham
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved