Berita Surabaya

Keberadaan Kapal Selam Alugoro, Presiden Jokowi: Titik Awal Kemandirian Produksi Alutsista Nasional

Presiden Jokowi menilai keberadaan Kapal Selam Alugoro menjadi titik awal kemandirian produksi alat utama alutsista nasional.

Keberadaan Kapal Selam Alugoro, Presiden Jokowi: Titik Awal Kemandirian Produksi Alutsista Nasional
SURYA.co.id/Ahmad Zaimul Haq
Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri berfoto bersama di dekat kapal selam Alugoro, Senin (27/1/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA – Presiden Joko Widodo mengapresiasi Kapal Selam Alugoro buatan PT PAL Indonesia yang berkolaborasi dengan Pemerintah Korea Selatan melalui Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co.Ltd (DSME).

Presiden Jokowi menilai keberadaan Kapal Selam Alugoro menjadi titik awal kemandirian produksi alat utama sistem senjata (alutsista) nasional.

”Sudah ada sebuah kerja sama yang bagus tentang transfer teknologi, di dalam pembangunan kapal selam Alugoro. Kami berharap in menjadi suatu titik kita bisa mandiri mengerjakan semua alutsista oleh anak-anak bangsa sendiri,” kata Presiden Jokowi usai meninjau Kapal Selam Alugoro di PT PAL Indonesia, Senin (27/1/2020).

Menurut Jokowi, PT PAL menunjukkan sebuah perkembangan yang komprehensif. Hal ini dinilai bisa untuk mencukupi kebutuhan alutsista ke depan, bahkan bukan hanya dalam negeri namun juga luar negeri.

”Secara detail, pada rapat terbatas tadi dibahas mengenai BUMN mana yang akan kita dorong untuk maju. Kemudian, akan disusul BUMN lainnya. Kemudian, berkaitan dengan pembelian alutsista, kami menyampaikan bahwa industri stragetis pertahanan kita harus diberikan priorotas terlebih dahulu. Bukan hanya untuk Kementerian Pertahanan, namun juga kementerian yang lain,” kata Presiden Jokowi usai menggelar Ratas di Surabaya di hari yang sama.

Beberapa kementerian diharapkan tak lagi memesan kapal dari luar  negeri, namun bisa memesan di PT PAL. 

”Misalnya, yang ingin membeli kapal, serahkan ke PT PAL, baik dari Kementerian Pertahanan, Polri lewat Pol Air-nya, atau Kementerian Keuangan lewat Bea Cukai), beli semua bisa dari PT PAL,” tegasnya.

Tersedianya pesanan kepada BUMN galangan kapal ini diharapkan juga dapat tren bisnis ke depan.

Apresiasi Peningkatan PT PAL, Presiden Jokowi: Ada Perkembangan Signifikan Dibandingkan 5 Tahun Lalu

Presiden Jokowi Didampingi Prabowo Tinjau Kapal Selam Alugoro Buatan PT PAL Indonesia di Surabaya

”Sehingga, bukan hanya untuk pesanan lima tahun, namun untuk lima belas tahun dipastikan ada. Sehingga, ada konsistensi kita dalam perencanaan dan pelaksanaan untuk membesarkan industri pertahanan kita. Apalagi, pasarnya ada. Pertama, pasarnya kita sendiri. Dahulu, penuhi semua. Kedua untuk pasar ekspor. PT PAL sudah mengekspor. Kemudian, PT Pindad,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi sempat melihat langsung ke dalam lambung kapal selam. Didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo, hingga Menteri BUMN Erick Tohir. Sekitar 15 menit Presiden Jokowi berada di dalam lambung kapal selam yang sedang bersandar di kolam PT PAL Indonesia ini.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved