Berita Mojokerto

Dindik Mojokerto Pakai Dana APBD Rp 745 Juta untuk Pasang 563 Kamera CCTV di 61 Sekolah

Kamera CCTV sudah dipasang di 61 sekolah yakni 52 sekolah SDN dan sembilan sekolah SMPN di Kota Mojokerto

net
Ilustrasi kamera CCTV 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Mojokerto menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) 2019 untuk pembiayaan pemasangan 563 unit kamera CCTV Closed Circuit Television (CCTV) di seluruh sekolah SDN dan SMPN Kota Mojokerto.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto, Amin Wachid menjelaskan, pelaksana pemasangan kamera CCTV ini dari pihak vendor PT Metro Data Jakarta yang dimulai dari Juli hingga Oktober 2019.

"Total biaya pemasangan 563 kamera CCTV ini dari anggaran APBD senilai Rp 745 juta," ujarnya saat dikonfirmasi Surya.co.id, Senin (27/1/2020).

Ia mengatakan, kamera CCTV tersebut sudah dipasang di 61 sekolah yakni 52 sekolah SDN dan sembilan sekolah SMPN.

"Masing-masing sekolah SDN dapat 8 titik kamera CCTV kalau di SMPN mendapatkan 16 titik," jelasnya.

Masih kata Amin Wachid, dua titik kamera CCTV akan dipasang di ruang kelas yang dipakai ujian UNBK maupun Ujian Akhir Sekolah.

Diharapkan kamera CCTV tersebut juga bisa digunakan pada penyelenggaraan Ujian Nasional terakhir di 2020 ini.

"Untuk sekolah SD ada enam titik sisanya dipasang di depan sekolah, area parkir dan di sudut sekolah yang tidak terpantau oleh para guru," ungkapnya.

Tujuan pemasangan kamera CCTV ini, lanjut dia, pertama sebagai kamera pengawas di ruangan dan kawasan sekolah.

Kedua, kepala sekolah tidak selalu berada di ruangannya mungkin ada kegiatan rapat atau lainnya oleh sebab itu dia bisa memantau langsung kondisi sekolahnya melalui CCTV yang sudah terhubung ke handphone android.

"Jadi sesuai arahan Wali Kota Mojokerto, CCTV juga untuk antisipasi dari tindak kejahatan yang ada di sekolah misalnya pencurian dan bisa dipakai untuk memantau aktifitas anak-anak di sekolahnya," paparnya.

Ditambahkan Amin Wachid, pihaknya berharap untuk mengantisipasi kenakalan remaja di sekolah jangan berharap penuh dengan adanya kamera CCTV ini namun juga peran aktif orang tua yang bisa memantau, mengarahkan serta membimbing anaknya.

Pusat pemantauan nantinya ada di ruangan guru atau ruangan kepala sekolah yang sudah disiapkan layar monitor kamera CCTV tersebut.

Dari 61 sekolah tersebut, server kamera CCTV akan dipusatkan di ruangan Dindik Kota Mojokerto.

"Jika sudah memungkinkan penataan jaringan internet akan diintegrasikan ke ruangan Wali Kota Mojokerto agar bisa memantau kondisi di setiap sekolahan," tandasnya.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved