Berita Surabaya

Apresiasi Peningkatan PT PAL, Presiden Jokowi: Ada Perkembangan Signifikan Dibandingkan 5 Tahun Lalu

Presiden Joko Widodo mengapresiasi peningkatan PT PAL, BUMN yang bergerak di bidang industri galangan kapal

SURYA.co.id/Ahmad Zaimul Haq
Presiden RI, Joko Widodo saat menggelar rapat terbatas di PT PAL, Surabaya, Senin (27/1/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA – Presiden Joko Widodo mengapresiasi peningkatan PT PAL, BUMN yang bergerak di bidang industri galangan kapal ini dinilai telah menunjukkan peningkatan pesat.

Presiden Jokowi membandingkan dengan periode awal pihaknya menjabat sebagai Presiden dan mengakui ada perkembangan signifikan dibandingkan lima tahun lalu.

Menurutnya, saat ini PT PAL menunjukkan peningkatan progresif dengan meningkatnya pesanan.

"Saya masuk (meninjau) PT PAL pada 2015 lalu. Mohon maaf, saya masuk kelihatan tidak ada manajemennya. Di workshop ini, mesin berceceran. Saya orang pabrik, saya bisa melihat ke suatu ruangan. Pasti kelihatan, ada manajemennya tidak, tata kelolanya benar tidak?," kata Jokowi pada saat mengawali Rapat Terbatas Kabinet dalam hanggar PT PAL di Surabaya, Senin (27/1/2020).

Selain dihadiri oleh jajaran kementerian, termasuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, pertemuan ini juga diikuti Direksi PT PAL.

"Kemudian, saya minta ke jajaran Menteri. Saya ingat setelah itu dikucurkan anggaran. Saya masuk setelah empat tahun, ada perubahan manajemen." katanya mengapresiasi.

Tak hanya di manajemen, pihaknya juga berharap BUMN ini bisa mengubah perilaku bisnis. Dari yang sebelumnya, pelaku bisnis berbasis product-driven (membuat produk dahulu baru mencari pasar) menjadi konsep market-driven (membuat produk sesuai kebutuhan pasar).

"Sehingga, (produksi) bukan hanya untuk kepentingan militer dan pertahanan, namun juga non militer," kata Presiden RI dua periode ini.

Dengan adanya perubahan perilaku produksi, pasar alutsista buatan negeri bukan hanya menjadi andalan di dalam negeri, namun juga luar negeri.

"Kemudian, perluasan pasar produk ekspor produk pertahanan. Beberapa, sudah dilakukan oleh PT PAL, Pindad, dan DI,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved