Grahadi

Pemprov Jatim

Tinjau Pansela, Khofifah Pastikan JLS Lot 9 Selesai Digarap Tahun 2022

Gubernur Khofifah turun langsung meninjau proyek pansela tepatnya di Lot 9 yang ada di kawasan Kabupaten Malang bagian selatan

Tinjau Pansela, Khofifah Pastikan JLS Lot 9 Selesai Digarap Tahun 2022
Humas Pemprov Jatim
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat meninjau proyek pansela di Lot 9 yang ada di kawasan Kabupaten Malang bagian selatan 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa pengerjaan jalan Jalur Lintas Selatan (JLS) di ruas pantai selatan (Pansela) kini sedang on progress. 

Untuk memastikan pengerjaan JLS jalur pansela tersebut, Khofifah turun langsung meninjau proyek pansela tepatnya di Lot 9 yang ada di kawasan Kabupaten Malang bagian selatan, Sabtu (25/1/2020). 

Pasalnya, Lot 9 Pansela ini terbentang dari Balekambang hingga Kedungsalam sepanjang 17,89 kilometer. 

Ruas jalan ini penting fungsinya untuk menjadi akses di kawasan Malang selatan serta menjadi akses utama menuju sejumlah pantai di Kabupaten Malang sisi selatan. Seperti Pantai Kondang Merak, Pantai Kondang Iwak dan beberapa pantai lainnya.

Karenanya, dalam kunjungan kerja itu, Khofifah juga menyempatkan diri meninjau langsung akses dua pantai yang dilintasi oleh jalur pansela ini.

"Saya ingin memastikan bahwa lot 8 sudah selesai dan sudah digunakan sementara  lot 9 saat ini pengerjaannya on progress. Di sini tadi kita juga lihat setidaknya ada  5 jembatan di lot 9 yang kini sedang dibangun. Insya Allah, untuk lot 9, pengerjaannya akan selesai di tahun 2022," tegas Khofifah di tengah lokasi pengerjaan JLS ruas pansela. 

Di lapangan, saat peninjauan dilakukan, progres pengerjaan jalan sudah sampai tahap pembentukan badan jalan. Sejumlah alat berat juga tampak di beberapa titik untuk melakukan pengerjaan stripping tersebut. 

Jika  pengerjaan di Lot 9 ini selesai, maka pembangunan jalur pansela akan berujung hingga perbatasan Kabupaten Malang dengan Kabupaten Blitar sementara lot 8 berbatasan dengan Lumajang.

Lebih lanjut, Khofifah menegaskan bahwa untuk panjang proyek JLS secara keseluruhan memiliki panjang 684 kilometer. Dari jumlah tersebut saat ini yang sudah selesai baru sepanjang 382 kilometer. 

"Yang saat ini sedang berjalan pembangunannya adalah jalan sepanjang 72 kilometer (Lot 6, Lot 7, Lot 8, Lot 9) dibiayai Islamic Development Bank, dan 15 kilometer dari APBN mekalui  Kementerian PUPR," ucap Khofifah.

Halaman
12
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved