Berita Gresik

Polair Polres Gresik Tangkap 6 Nelayan yang Menggunakan Jaring Trawl Untuk Menangkap Ikan

Enam orang nelayan diamankan Sat Polair Polres Gresik gara-gara menggunakan jaring trawl mini untuk menangkap ikan.

Polair Polres Gresik Tangkap 6 Nelayan yang Menggunakan Jaring Trawl Untuk Menangkap Ikan
tribun jatim/willy abraham
Sebanyak enam kapal nelayan diamankan Sat polair olres Gresik di perairan Ujung Pangkah dan Mengare, Sabtu (25/1/2020). Para nelayan pemilik kapal ini ditangkap karena menggunakan jaring trawl untuk menangkap ikan. 

SURYA.co.id | GRESIK -  Enam orang nelayan diamankan Sat Polair Polres Gresik gara-gara menggunakan jaring trawl mini untuk menangkap ikan. 

Kasat Polair Polres Gresik, AKP Masyhur Ade, mengatakan penggunaan jaring trawl mini merusak terumbu karang. Penggunaan mata jaring yang kecil juga menyebabkan tertangkapnya berbagai jenis biota yang masih kecil.

Selain itu kerugian menyebabkan bentrok antar nelayan. Jika dibiarkan, tidak menutup kemungkinan akan ada konflik di antara para nelayan di Mengare dan Ujung Pangkah.

"Kami amankan 6 perahu nelayan menggunakan alat tangkap jaring trawl mini yang meresahkan nelayan kecil karena melakukan penangkapan ikan dekat dengan pantai. Semua nelayan dan jaring trawl kami serahkan ke dinas perikanan," kata Masyhur, Sabtu (25/1/2020).

Sementara itu, Kasi Kenelayanan Dinas Perikanan Kabupaten Gresik, Zainal Abidin membenarkan bahwa ada enam orang yang diamankan. Namun, saat ini masih berada di Polairud.

"Iya benar ada enam yang diamankan Polairud awal tahun ini," kata dia.

Padahal pada bulan November tahun lalu, sebanyak 39 trawl mini hasil sitaan sudah dibakar di Kecamatan Panceng. 

Penulis: Willy Abraham
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved