Press Release

Libur Tahun Baru Imlek, Ini Langkah Pertamina MOR V Terkait Peningkatan Konsumsi BBM dan LPG

Stok LPG khususnya di Jawa Timur (Jatim) berada dalam posisi aman untuk memenuhi kebutuhan di masyarakat.

Libur Tahun Baru Imlek, Ini Langkah Pertamina MOR V Terkait Peningkatan Konsumsi BBM dan LPG
surya.co.id/habibur rohman
Aktivitas pengisian gas elpiji 3kg di Integrated Terminal Surabaya Pertamina Mor V Jl Nilam Surabaya, Rabu (22/1/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Perayaan dan libur tahun baru Imlek yang jatuh Sabtu (25/1/2020) ini, diprediksi akan mendorong peningkatan konsumsi BBM (Bahan Bakar Minyak) dan LPG (Liquid Petroleum Gas) atau elpiji.

Hal itu telah diantisipasi Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jatim Bali Nusra dengan menyiapkan langkah strategis untuk terus memastikan keamanan stok dan penyaluran.

Beberapa strategi untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi jelang perayaan tahun baru Imlek ini, diantaranya adalah memantau kebutuhan di setiap wilayah dan menyediakan pasokan sesuai dengan estimasi kebutuhan, serta bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk terus mengawasi perkembangan di lapangan.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji menyatakan, stok LPG khususnya di Jawa Timur (Jatim) berada dalam posisi aman untuk memenuhi kebutuhan di masyarakat.

“Stok LPG berada di posisi aman, dimana realisasi hariannya kurang lebih sebesar 4100 MT/hari”, kata Rustam dalam rilis yang dikirmkan ke SURYA.co.id, Sabtu (25/1/2020).

Adapun konsumsi tersebut terdiri dari 3900 MT/hari untuk konsumsi LPG 3 Kg dan 200 MT/hari untuk konsumsi LPG NPSO.

“Sedangkan untuk wilayah Bali, konsumsinya mencapai 682 MT/hari untuk LPG PSO dan 56 MT/hari untuk LPG NPSO”, tambah Rustam.

Saat Imlek ini Pertamina memprediksi akan ada kenaikan konsumsi LPG sebesar 5 persen di wilayah Jawa Timur dan Bali.

Nantinya, Pertamina akan berkoordinasi dengan Pemda setempat untuk memantau perkembangan harga jual LPG 3 Kg sesuai dengan Harga Ekonomi Tertinggi (HET).

“Pertamina akan memastikan harga di tingkat agen dan pangkalan sesuai dengan HET, Pertamina juga akan menindak tegas agen atau pangkalan yang melakukan pelanggaran dan penyelewengan”, ujar Rustam.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved