Krisis Air Bersih di Kota Malang, Pemprov Jatim Sampai Turun Tangan

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak berjanji segera menyelesaikan permasalahan krisis air bersih di Kota Malang.

Krisis Air Bersih di Kota Malang, Pemprov Jatim Sampai Turun Tangan
suryamalang/rifky edgar
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak bersama Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi jarwoko, saat meninjau langsung pipa yang bocor di daerah Pulungdowo, Kabupaten Malang, Sabtu (25/1). 

SURYA.co.id | MALANG - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak berjanji segera menyelesaikan permasalahan krisis air bersih di Kota Malang.

Hal itu dia sampaikan ketika mengunjungi warga yang terdampak krisis air bersih di Kelurahan Wonokoyo dan Kelurahan Buring, Kota Malang, Sabtu (25/1/2020).

Menurutnya, pihaknya saat ini sedang melakukan penganggaran terkait dengan pembenahan pipa yang pecah di kawasan Desa Pulungdowo, Kabupaten Malang.

"Ini urgent dan proses pengadaan akan dilakukan percepatan karena ini darurat. Jika normalnya menunggu APBD dan lain sebagainya, maka proses pengadaan akan panjang," ujarnya.

Emil menjelaskan, solusi tercepat dalam menangani kasus krisis air bersih ini ialah memberikan bantuan.

Yakni bantuan tangki air gratis dan tandon air yang diberikan kepada warga yang terdampak.

Selain itu, sembari menunggu proses penganggaran, pihaknya juga akan berkonsultasi dengan PDAM Kota Malang dan Kementerian PUPR terkait permasalahan ini.

Salah satunya, melakukan tapping sumber air yang bisa dilakukan secara mobile.

"Intinya harus ada suplai air yang langsung bisa diterima oleh masyarakat. Setidaknya bisa meminimalisir keresahan warga terhadap air. Kalau saya nggak ada air di rumah juga sengsara lo," terangnya.

Selain itu,  Emil juga akan rutin melakukan pengawasan dengan menanyakan progress di setiap minggunya kepada PDAM Kota Malang.

Halaman
123
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved