Pilkada Surabaya 2020

Dua Srikandi Ditawarkan Dampingi Machfud Arifin Sebagai Wakil Walikota Surabaya

Demokrat dan PPP Menawarkan kader perempuannya masing-masing untuk menjadi pendamping Machfud Arifin di Pilkada Kota Surabaya 2020

Dua Srikandi Ditawarkan Dampingi Machfud Arifin Sebagai Wakil Walikota Surabaya
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Bakal Calon Walikota Surabaya, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin mendaftar di Partai Demokrat, Jumat (24/1/2020). 

SURYA.co.id, SURABAYA – Partai pengusung Bakal Calon Walikota Surabaya, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin mengusulkan masing-masing kadernya untuk menjadi Bakal Calon Wakil Walikota. Dua partai yang ingin mengusulkan kadernya adalah Demokrat dan PPP.

Berdasarkan penjelasan Plt Ketua DPC Demokrat Surabaya, Lucy Kurniasari, pihaknya memiliki kader perempuan potensial, Herlina Harsono Njoto. Saat ini Herlina juga merupakan Anggota DPRD Surabaya dari Fraksi Demokrat.

”Semoga saja (kader Demokrat) dipilih sebagai Wakil. Kami menyerahkan kepada Pak Machfud,” kata Lucy ketika dikonfirmasi di Surabaya.

”Harapan kami, kami bisa mengusulkan kader yang juga mendaftar di Partai kami. Yakni, Bu Herlina. Bu Herlina mendaftar, namun memang belum mengembalikan formulir,” kata Lucy.

Namun, pada prinsipnya pihaknya menyerahkan kepada Machfud Arifin untuk memilih. ”Tentu, salah satu pertimbangannya adalah survey. Kami berharap Calon Wakil yang mendampingi Pak Machfud bisa menambah tingkat keterpilihan beliau,” katanya.

Sebelumnya, Plt Ketua DPD Demokrat Jatim, Renville Antonio menyebut Herlina yang kini menjabat Ketua Fraksi Demokrat di DPRD Surabaya sebagai tokoh berkarakter. Berbagai prestasi Herlina menjadi poin lebih bagi penilaian pengurus di Jawa Timur.

"Beliau kritis, tegas, dan apa yang diperjuangkan selalu tuntas. Hal itu menarik untuk masyarakat," kata Renville yang juga mantan Anggota DPRD Jatim tiga periode ini.

Tak hanya itu, Herlina juga dapat mewakili figur tionghoa yang memiliki banyak komunitas di Surabaya. "Sisi lain, beliau dari kalangan etnis Tionghoa. Itu menjadi bekal karena komunitas Tionghoa di Surabaya cukup banyak," katanya.

Apabila Herlina terpilih, Surabaya diyakini akan semakin menjadi tempat yang ramah untuk seluruh golongan. "Tidak dipungkiri, beliau bisa mewakili komunitas untuk diperjuangkan," katanya.

PPP Tawarkan Lia Istifhama

Bukan hanya dari Demokrat, usulan nama Bacawawali juga datang dari PPP. Partai yang belakangan ikut mendukung Machfud tersebut mengusulkan nama Lia Istifhama atau yang biasa disapa Ning Lia.

”Kalau misalnya Pak Machfud ingin menggandeng Wakil Walikota perempuan, kami memiliki kader, Ning Lia. Beliau kader kami dan putra mantan Ketua DPW PPP Jatim, KH Masykur Hasyim,” kata Sekretaris DPW PPP Jawa Timur, Norman Zein Nahdi.

Selain mewakili kader perempuan PPP, Ning Lia juga dekat dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. ”Kalau memang partai lain juga menginginkan Ning Lia untuk mendampingi Pak Machfud, ya kami semakin terbuka. Apalagi, Ning Lia kan juga mendaftar di partai lain,” terangnya.

Hingga saat ini, nama Wakil Walikota pendaming Machfud Arifin memang belum mengerucut. Selain PPP dan Demokrat, beberapa partai pengusung lainnya seperti Gerindra, PAN, hingga PKB juga mengusulkan sejumlah nama untuk posisi tersebut. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved