Pilkada Surabaya 2020

Usung Macfud Arifin di Pilkada Surabaya, Gerindra dan Koalisi Siap Head to Head dengan PDIP

Partai Gerindra berharap hanya ada dua pasangan calon saja di Pilkada Surabaya 2020 mendatang.

Usung Macfud Arifin di Pilkada Surabaya, Gerindra dan Koalisi Siap Head to Head dengan PDIP
SURYA.co.id/Bobby Constantine Koloway
Bakal Calon Wali Kota Surabaya, Irjen Pol (Pur) Machfud Arifin bersama Ketua DPD Gerindra Jawa Timur, Soepriyatno pada Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) Gerindra Surabaya, Sabtu (11/1/2020). 

SURYA.co.id, SURABAYA – Partai Gerindra menyiapkan sejumlah strategi untuk menghadapi potensi koalisi dalam pilkada 2020 di Surabaya. Di antaranya, kemungkinan adanya dua pasangan calon (head to head).

”Kalau bisa head to head pasti seru. Harapan kami sih dua pasangan saja di Pilkada Surabaya,” kata Ketua Tim penjaringan Bakal Calon Walikota Partai Gerindra Surabaya, Bagijon di Surabaya, Jumat (24/1/2020).

Pihaknya pun menilai potensi terbentuknya dua kubu di Surabaya cukup terbuka. Apalagi, hingga saat ini partai lain juga belum membentuk koalisi.

Sehingga, terbuka kemungkinan partai lain akan bergabung dengan pihaknya membentuk koalisi besar. Sebelumhya, Gerindra telah membentuk koalisi dengan PAN dan PKB untuk mengusung Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin.

”Kalau pun ada partai lain yang cukup kursi membuat poros baru, ya silakan. Sebenarnya, mending partai dengan partai, jadi dua saja,” terangnya.

Selain terbuka kemungkinan adanya koalisi partai politik, Bagijon juga menyebut masih adanya potensi calon non parpol atau perorangan. Sekalipun demikian, tantangan untuk calon independen adalah mengumpulkan 136 ribu KTP.

”Mengumpulkan KTP di Surabaya sebenarnya tidak mudah mengingat jumlah cukup besar. Namun, kalaupun bisa kami rasa cukup satu pasangan dari independen,” terangnya.

Di dalam membangun koalisi, Gerindra cukup terbuka dengan partai lain. Namun, pihaknya enggan membeberkan partai mana yang akan menjadi rivalnya.

Namun, Ketua DPD Gerindra Jawa Timur, Soepriyatno menyebut kecil kemungkinan partainya akan berkoalisi dengan PDI Perjuangan. Mengingat, PDI Perjuangan yang menjadi pemenang pemilu dengan 15 kursi DPRD Surabaya bisa mengusung calonnya sendiri, tanpa koalisi sekalipun.

Apalagi, Soepri juga belum menjalin komunikasi dengan partai berlambang kepala banteng ini.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved