Berita Situbondo

Tarif Sewa Terlalu Mahal, Pemilik Toko di Sepanjang Jalan Irian Jaya Situbondo Wadul Dewan

pemilik toko di sepanjang Jalan Irian Jaya mengadu ke DPRD Sitibondo soal tingginya tarif retribusi sewa toko

izi hartono/surya
Para perwakilan pemilik toko Jalan Irian Jaya saat mengadu ke komisi dua DPRD Situbondo. 

SURYA.co.id | SITUBONDO - Beberapa pemilik toko di sepanjang Jalan Irian Jaya, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, mengadu ke DPRD Sitibondo, Jumat (24/01/2020). Mereka mengeluhkan tingginya tarif retribusi sewa toko ke Pemkab Situbondo.

Kedatangan perwakilan pemilik toko itu ditemui langsung oleh anggota Komisi II DPRD Situbondo. Salah seorang perwakilan pemilik toko, Susanto mengatakan, sedikinya ada sekitar 17 atau 18 toko yang ada di sepanjang jalan Irian Jaya tersebut.

Menurutnya, kedatangannya ke DPRD ini tidak lain menindak lanjuti persoalan yang lama dan pernah diadukan ke DPRD sebelumnya. Mereka menilai tingginya retribusi sewa lahan tanah itu sangat memberatkan. 

"Sejak 2011 lalu ada perubahan Perda dari tarif sebesar Rp 48 ribu per meter menjadi Rp 200 ribu/meter setahun. Bahkan bangunan tingkat juga dihitung juga pak, padahal bupati terdahulu tidak menghitung lantai dan tanahnya saja," ujar Susanto kepada Komisi II DPRD Situbondo.

Ia berharap pembayaran tarif retrebusi sewa itu disesuaikan dengan yang sebelumnya, karena kita hanya menyewa tanahnya saja.

"Kalau bangunananya itu kita bangun sendiri. Ini kan tidak adil pak," keluhnya.

Dikatakan, pada 2018 lalu, dirinya bersama teman yang lain pernah mengadu ke DPRD dan akan ditindaklanjuti serta dilakukan peninjauan Perda.

"Sampai sekarang belum ada hasilnya," tukasnya.

Sementara itu, pemilik toko yang lain Rafit Aditiya mengatakan, sebelumnya pernah mendatangi bupati, akan tetapi oleh bupati disarankan untuk menemui DPRD.

"Selama ini belum ada kepastian, ya pembayarannya mengikuti yang lama sebesar Rp 8 juta/tahunnya," kata pemilik toko apotik ini.

Halaman
12
Penulis: Izi Hartono
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved