Berita Mojokerto

Pemkab Mojokerto akan Bangun 1 TPA Lagi di 2020, Ini Tujuannya

Pemkab Mojokerto menilai pembangunan satu Tempat Pembuangan Akhir (TPA) lagi sudah mendesak untuk keperluan pengolahan sampah di wilayahnya

Pemkab Mojokerto akan Bangun 1 TPA Lagi di 2020, Ini Tujuannya
surabaya.tribunnews.com/Irwan Syairwan
Ilustrasi - Tempat pembuangan akhir (TPA) sampah 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Pemkab Mojokerto menilai pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sudah mendesak untuk keperluan pengolahan sampah di wilayahnya. Oleh sebab itu, Pemkab Mojokerto sudah merencanakan akan menambah satu TPA guna memaksimalkan pengolahan sampah di Kabupaten Mojokerto.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto, Didik Chusnul Yakin menjelaskan pembangunan TPA terbaru akan direalisasikan pada tahun ini. Pemkab Mojokerto sudah membeli tanah yang akan dibuat TPA pada 2019 kemarin.

"Nantinya, TPA tersebut akan menempati lahan seluas 4,2 hektare di Desa Karangdiyeng," ujarnya saat dikonfirmasi Surya, Jumat (24/1/2020).

Ia mengatakan lokasi TPA ini akan menempati lahan di bekas tambang galian C di wilayah Desa Karangdiyeng, Kecamatan Kutorejo.

Hasil kajian dari tim DLH Kabupaten Mojokerto sudah melakukan observasi di lokasi tersebut yang dianggap cocok memenuhi kriteria dipakai sebagai tempat pembangunan TPA.

"Dari berbagai sisi sudah ada perencanaannya di lingkungan itu tempatnya tidak berdekatan rumah penduduk yang jelas lokasinya tidak di tengah permukiman masyarakat," ungkapnya.

Menurut Didik, TPA Karangdiyeng bisa diharapkan bisa mengatasi persoalan pengolahan sampah di Kabupaten Mojokerto.

Setidaknya TPA ini menampung sampah dari wilayah Kabupaten Mojokerto.

"Idealnya TPA Karangdiyeng bisa menampung sampah dari 5 Kecamatan terdekat dari lokasi tersebut," terangnya.

Masih kata Didik, bekas tambang pasir yang akan dipakai lokasi TPA itu memiliki kontur tanah yang dianggap cocok untuk tempat pengolahan sampah.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved