Berita Surabaya

Pelaku IKM Jatim Banyak Manfaatkan Kemajuan Teknologi, Ini Harapannya ke Depan

Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Jatim kini mulai banyak berinovasi serta memanfaatkan kemajuan teknologi,

Pelaku IKM Jatim Banyak Manfaatkan Kemajuan Teknologi, Ini Harapannya ke Depan
Foto Humas Pemprov Jatim
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak bersama Dirjen IKMA Gati Wibawaningsih dan Kepala Bank Indonesia Wilayah Jawa Timur Difi Ahmad Johansyah 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Jatim kini mulai banyak berinovasi serta memanfaatkan kemajuan teknologi, sehingga semakin efisien, kekinian, dan siap bersaing di era industri 4.0.

Ke depan, diharapkan IKM Jatim bisa menjadi barometer IKM nasional.

“Pertumbuhan sektor IKM di Jatim semakin baik, serta mampu memanfaatkan teknologi. Bukan hanya menjadi tulang punggungnya perekonomian di Jatim, tapi juga menjadi barometernya IKM di seluruh Indonesia,” kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak di Gedung Remaja, Jalan Dukuh Kupang Surabaya, Kamis (23/1/2020).

Arumi mencontohkan salah satu bukti pemanfaatan kecanggihan teknologi tersebut terlihat saat digelarnya Kompetisi Desain Produk dan Kriya dengan teknologi 3D Printing by Dekranasda Jawa Timur di GeekOut/ CoWork/ScaleUp (GECO) di AJBS Surabaya, Selasa (21/1/2020).

Kompetisi tersebut diikuti 100 peserta, dan menghasilkan produk-produk yang sangat bagus, sehingga para juri sempat mengalami kesulitan saat menentukan pemenangnya.

Ke depan, Arumi berkomitmen terus mendorong IKM Jatim agar semakin maju, dan mampu memanfaatkan teknologi

Dirinya ingin agar teknologi dapat menjadi salah satu modal utama dalam menjalankan bisnis IKM.

“Kita mencari efisiensi, inovasi, yang terus bisa kita kembangkan dan kita kolaborasikan. Karena tulang punggung dari perekonomian Jatim adalah sektor UKM, dan IKM. Kami bersama Pemprov Jatim juga berkomitmen untuk memfasilitasi para pelaku sektor ini, mulai pelatihan, kemudahan mengakses modal, dan lainnya,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian RI, Gati Wibawaningsih yang hadi dalam kesempatan itu menjelaskan pentingnya mengembangkan IKM.

Menurut Gati, IKM memegang peranan penting bagi tumbuhnya industri, yang merupakan prime mover economy (penggerak utama ekonomi) bangsa ini.

Halaman
123
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved