Berita Surabaya

Istri Mitra Gojek Ikuti Pelatihan UMKM Cerdik Berwirausaha, Ini Tujuannya

Gojek Indonesia memiliki program swadaya bertema Cerdik Berwirausaha yang diperuntukkan bagi istri para mitra driver

Istri Mitra Gojek Ikuti Pelatihan UMKM Cerdik Berwirausaha, Ini Tujuannya
habibur rohman/surya
Regional Ops Head (ROH) Gojek Jatim & Bali Nusra Jeffry Johanes (dua kiri) didampingi Head Regional Corporate Affairs Gojek Jatim & Bali Nusra Alfianto Domy Aji (kiri) memaparkan beberapa program untuk angggota keluarga mitra Gojek di Surabaya, Jumat (24/1/2020). Beberapa yang diperkenalkan adalah kelas memasak dan pelatihan wirausaha dengan menggandeng Lembaga kursus Bahasa Inggris yang diwakili Senior Teacher Ian Ramsdale (dua kanan) dan Tristar institute Surabaya yang diwakili Chef Yuda (tiga kiri). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gojek Indonesia memiliki program swadaya bertema Cerdik Berwirausaha yang diperuntukkan bagi istri para mitra driver. Mereka diajak mengikuti pelatihan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), terutama sektor makanan dan minuman, kemudian masuk ke ekosistim GoFood.

"Dari hasil riset LD FEB UI (Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia-red), menyatakan ada dampak positif dari dari teknologi Gojek yang langsing terligat pada performa bisnis partner UMKM Go Food," kata Leo Wibisono, Strategic Regional Head Wilayah Jatim & Bali Nusra, saat media breafing di Surabaya, Jumat (24/1/2020).

Leo menambahkan, dari hasil riset tersebut, 72 persen responden UMKM mengalami kenaikan klasifikasi omzet setelah mereka menggunakan aplikasi khusus manajemen partner (GoBiz) dan 93 persen responden UMKM mengalami peningkatan volume transaksi setelah menggunakan aplikasi GoBiz.

"Sejalan dengan itu, kami gandeng Tristar Institut Surabaya untuk meningkatkan kemampuan memasak para istri mitra yang ikut program ini. Sudah ada 300 istri mitra di Surabaya, Malang dan Denpasar yang gabung dalam pelatihan ini dan mayoritas berhasil membuka usaha," jelas Leo.

Salah satu istri mitra yang menjadi peserta pelatihan dan sukses menjadi UMKM adalah Arlis Juliati, istri dari mitra driver Ahmad Yaniansyah, warga Surabaya.

Arlis mengaku mendapat pelatihan memasak ayam geprek cumi dan dalam dua tahun terakhir ini cukup memberi pendapatan pada keluarga mereka.

"Saya dua tahun membuka usaha ayam geprek cumi ini, dengan mengkolaborasikan ayam dan cumi bersama nasi, jualannya lewat GoFood," cerita Arlis dalam kesempatan yang sama.

Dalam dua tahun ini, diakui Arlis, menu yang dijualnya cukup favorit.

Usaha ini juga tidak memerlukan modal besar dan tempat khusus.

"Masak dan dijual dari dapur di rumah, kemudian tambah satu ruangan depan rumah, jadi warung atau depot. Tapi layanan masih banyak lewat GoFood," tambah Arlis.

Dari Tristar Institut Surabaya, Chef Yuda Agustian, mengakui kerjasama dengan Gojek untuk pelatikan UMKM masakan ini telah dilakukan dalam beberapa kali.

"Yang paling baru pada tanggal 4 dan 20 Januari lalu. Kami ajarkan menu-menu yang lagi ngetrend, sehingga pasarnya langsung terasa," jelas Yuda.

Jeffry Johannes, Regional Operation Head Gojek Jatim, Bali Nusra, menambahkan dengan mengikutsertakan usaha kuliner istri para mitra dalam ekosistem GoFood, teknologi Gojek bisa mendukung pengembangan skala bisnisnya.

"Perkembangan positif ini terlihat dari para partner UMKM yang tergabung dengan GoFood secara nasional termasuk di Jatim yang rata-rata mengalami peningkatan omzet hingga 3,5 lipat sejak mereka bergabung," ungkap Jeffry.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved