Berita Surabaya

DPRD Jatim Jelaskan Usulan Kenaikan Tunjangan, Sebut Kerja Dewan Butuh Anggaran

Pembahasan usulan kenaikan hak keuangan dewan kembali dibahas melalui rapat paripurna DPRD Jatim, Kamis (23/1/2020).

SURYA.co.id/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan pendapatnya terhadap Rancangan Peraturan Daerah inisiatif DPRD Jatim tentang perubahan atas Perda Provinsi Jawa Timur No 5 Tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Senin (20/1/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pembahasan usulan kenaikan hak keuangan dewan kembali dibahas melalui rapat paripurna DPRD Jatim, Kamis (23/1/2020).

Usulan tersebut dilakukan melalui Perubahan Perda Jatim nomor 5 tahun 2017.

Pada rapat paripurna tersebut, DPRD Jatim mengagendakan tanggapan fraksi atas penjelasan Gubernur.

Rapat paripurna ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak.

Fraksi DPRD Jatim kembali mengingatkan adanya enam poin perubahan Perda tersebut.

Yakni, perubahan waktu reses anggota dewan (dari yang sebelumnya maksimal enam hari menjadi delapan hari), penambahan pendamping untuk reses dari unsur masyarakat non PNS (pendamping lokal) dan pelaksanaan peningkatan kapasitas dan kualitas.

Kemudian, ada pula usulan perubahan tunjangan perumahan Anggota DPRD, perubahan perjalanan dinas dan perubahan lainnya yang terkait legal drafting.

Perubahan tersebut pada dasarnya disebabkan perubahan peraturan perundangan yang berada di atasnya, yakni PP No 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD.

Sehingga, perubahan itu untuk menghindari vertical conflict of norm. Yakni, pertentangan antara Perda dengan UU, Peraturan Pemerintah (PP), maupun Peraturan Menteri (Permen).

Fraksi NasDem di DPRD Jatim memberikan penjelasan lebih luas soal perubahan tersebut. Hal ini sekaligus menanggapi tanggapan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved