Berita Banyuwangi

Cara Pemkab Banyuwangi Semangati Anak Muda untuk Kembangkan Potensi Diri

Anak-anak muda Banyuwangi mendapatkan suntikan semangat untuk maju dan terus mengembangkan potensi diri.

Cara Pemkab Banyuwangi Semangati Anak Muda untuk Kembangkan Potensi Diri
surya.co.id/haorrahman
Pemkab Banyuwangi mengundang Ivan Putra Okta (29), pemuda disabilitas yang sukses mengembangkan potensi diri dengan menggeluti berbagai bidang sekaligus, Kamis (23/1/2020). 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Anak-anak muda Banyuwangi mendapatkan suntikan semangat untuk maju dan terus mengembangkan potensi diri.

Kali ini Pemkab Banyuwangi mengundang Ivan Putra Okta (29), pemuda disabilitas yang sukses mengembangkan potensi diri dengan menggeluti berbagai bidang sekaligus, Kamis (23/1/2020).

Ratusan anak muda, mulai mahasiswa, pelajar sekolah umum, hingga pelajar, dan para penyandang disabilitas, berkumpul untuk mendengarkan kisah perjalanan Ivan Putra Okta, seorang pemuda dengan gangguan pendengaran (tuli) yang begitu menginspirasi.

“Kami mengundang Mas Ivan agar anak-anak muda Banyuwangi bisa mengambil pelajaran atas kegigihan beliau menjalani hidup, bahwa semuanya bisa asal mau berupaya dan tidak menyerah untuk memperjuangkan keinginan dan cita-cita,” kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan, Suratno.

Pada moment tersebut Ivan Putra Okta membuka sesi motivasinya dengan mengajak anak-anak muda Banyuwangi untuk memahami potensi dirinya.

Dengan menggunakan bahasa isyarat dan dibantu oleh seorang penerjemah, Ivan pun mengajak agar mereka berani untuk mengembangkan potensi itu hingga mencapai kesuksesan.

“Semua hal positif harus bisa kita lakukan meski dengan keterbatasan,” kata Ivan.

Ivan menceritakan, sebagaimana anak-anak berkebutuhan khusus lainnya, Ivan juga menjalani pendidikan di sekolah luar biasa (SLB).
Bersekolah di SLB memberikan peluang yang sangat luas baginya untuk mengeksplore potensi diri. “Saya aktif ikut kegiatan disekolah dan menjadi lebih percaya diri. Rasa percaya diri itu terus saya pupuk dan saya bawa hingga masuk ke dunia kuliah,” kata Ivan.

Ivan sendiri melanjutkan pendidikannya sebagai mahasiswa jurusan Design Komunikasi Visual (DKV) Unikom Bandung. Saat ini ia berada di tahap akhir dan tengah menyelesaikan skripsi.

“Saya berupaya keras untuk bisa mengikuti kegiatan perkuliahan. Meskipun terkadang saya menemui kendala untuk memahami penjelasan dosen, namun saya mencari cara untuk tetep bisa mengikuti mata kuliah. Salah satunya dengan meminjam catatan teman untuk dibaca di rumah,” kata Ivan.

Halaman
123
Penulis: Haorrahman
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved