Berita Bangkalan

Api Obor Perdamaian Dunia Akan Menyala di Bangkalan Madura

Di tengah ketegangan Amerika Serikat (AS) dan Iran saat ini, api Obor Perdamaian Dunia akan menyala dan mengelilingi Kota Bangkalan

Api Obor Perdamaian Dunia Akan Menyala di Bangkalan Madura
surabaya.tribunnews.com/ahmad faisol
Rapat koordinasi event internasional Peace Run antara Pemkab Bangkalan, Rotary Club Indonesia, dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Madura di Aula Diponegoro Pemkab Bangkalan, Kamis (23/1/2020). 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Di tengah ketegangan Amerika Serikat (AS) dan Iran saat ini, api Obor Perdamaian Dunia akan menyala dan mengelilingi Kota Bangkalan melalui ajang Peace Run pada Minggu (8/2/2020) mendatang.

Sebelumnya, Pulau Bali selalu mewakili Indonesia dalam membawa secara estafet Obor Perdamaian Dunia. Seperti halnya pada pembukaan Kongres Perdamaian Internasional ke-10 yang berlangsung di Kabupaten Badung, Bali, 6-8 November 2019 silam.

Kepastian Bangkalan sebagai tuan rumah Peace Run terungkap dalam rapat koordinasi antara Pemkab Bangkalan, Rotary Club Indonesia, dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Madura di Aula Diponegoro Pemkab Bangkalan, Kamis (23/1/2020).

"Kami berpikir bagaimanan jika (Obor Perdamaian Dunia) dari Bali dibawa ke Bangkalan, Madura. Sekalian kenalkan Madura bersinar untuk Indonesia dan dunia," ungkap Ketua Panitia Peace Run Frangky Chandra usai rapat koordinasi.

Obor Perdamaian Dunia merupakan nafas perdamaian dunia yang telah mengelilingi negara-negara di belahan dunia dan diterima dan dipegang oleh berbagai kepala negara termasuk mendiang Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela.

Frangky menjelaskan, Obor Perdamaian Dunia akan dibawa keliling Kota Bangkalan bersama sekitar 1.500 peserta Peace Run. Termasuk 25 peserta dari 10 negara.

"Kami ingin memunculkan efek jangka panjang bahwa Madura dan Bangkalan tidak seperti dalam bayangan, semuanya indah, aman, dan toleran," jelas mantan Presiden Rotary Rungkut, Surabaya ini.

Selain itu, lanjut Frangky, Madura memiliki ragam kuliner, UMKM dengan produk unggulan seperti batik, bahkan wisata alamnya sangat bagus.

"Tamu-tamu dari sepuluh negara itu akan dikenalkan budaya lokal. Sehingga bisa terekspos secara nasional dan internasional," ujarnya.

Ia menambahkan, selain Peace Run yang mengusung misi perdamaian dunia, Bangkalan akan kembali menjadi tuan rumah event lari dengan 5.000 peserta dari berbagai dunia di Jembatan Suramadu pada Juni 2020 mendatang.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved