Berita Madiunn

Tahun ini E-Tilang Mulai Diterapkan di Kota Madiun

Kepala Dinas Perhubungan Kota Madiun, Ansor Rasidi, mengatakan e-tilang rencananya akan diberlakukan sekitar Mei 2020.

Tahun ini E-Tilang Mulai Diterapkan di Kota Madiun
surabaya.tribunnews.com/rahadian bagus
Gedung GCIO Kota Madiun akan menjadi pusat informasi dan data e-tilang. Mulai tahun ini, e-tilang akan diberlakukan di kota Madiun. 

SURYA.co.id|MADIUN - Kota Madiun segera memberlakukan tilang elektronik (e-tilang) pada 2020. Untuk medukung rencana itu, sebanyak 21 CCTV telah dipasang di 21 persimpangan di seluruh wilayah Kota Madiun.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Madiun, Ansor Rasidi, mengatakan e-tilang rencananya akan diberlakukan sekitar Mei 2020. Saat ini hampir seluruh peralatan elektronik yang dibutuhkan untuk penerapan e-tilang ini sudah ada.

Dia mengatakan, pusat informasi dan data e-tilang akan ditempatkan di Gedung Government Chief Information Officer (GCIO) milik Dinas Kominfo Kota Madiun. Program ini merupakan kerja sama antara Dishub, Diskominfo, Samsat, dan Polres Madiun Kota

Di Gedung GCIO ada monitor berukuran 8,48 meter x 2,73 meter, yang akan menampilkan kondisi arus lalu lintas di dari kamera CCTV di 21 titik. Nantinya, ada petugas yang berjaga memantau aktivitas lalu lintas yang di tampilkan di layar itu setiap hari.

'Saat ini kami masih melakukan koordinasi penataan sistem untuk pemberlakuan e-tilang,” kata Ansor seusai rapat koordinasi dengan Kapolres Madiun Kota, di Gedung GCIO, Rabu (22/1/2020) siang.

Dengan sistem e-tilang, setiap pengguna kendaraan yang melanggar peraturan lalu lintas dan terekam kamera akan ditilang.

"Untuk tilang elektonik ini, tetap yang melakukan penindakan di lapangan adalah kepolisian. Sedangkan kami mempersiapkan data pelanggar arus lalu lintas sampai pengolahan data,” katanya.

Tidak sekadar kamera CCTV biasa, Dishub juga melengkapi sistem ini dengan hardware yang memungkinkan petugas untuk memperbesar tampilan gambar sehingga pelat nomor kendaraan pelanggar dan aktivitas di dalam mobil dapat terdeteksi.

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved