Berita Bangkalan

Petugas Gabungan Kerjasama Memotong Ranting-ranting Pohon yang Picu Kecelakaan

KBO Satlantas Polres Bangkalan, Iptu Mansyur mengungkapkan, tercatat 47 pohon yang ranting-rantingnya dipotong karena menutup lampu PJU.

Petugas Gabungan Kerjasama Memotong Ranting-ranting Pohon yang Picu Kecelakaan
surabaya.tribunnews.com/ahmad faisol
Satlantas Polres Bangkalan bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bangkalan dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jatim melakukan pemotongan ranting-ranting di Jalan Kapten Syafiri Kelurahan Bancaran, Rabu (22/1/2020). 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Selain menjadi tempat mangkal truk berukuran besar, Jalan Kapten Syafiri atau yang dikenal dengan kawasan Skep di Kelurahan Bancaran, Bangkalan itu juga ditumbuhi pohon-pohon berukuran besar yang ranting-rantingnya tumbuh menjalar di atas ruas jalur dan menutupi sinar lampu Penerangan Jalan Umum (PJU).

Karena itu, Satlantas Polres bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bangkalan dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jatim melakukan pemotongan ranting-ranting, Rabu (22/1/2020).

KBO Satlantas Polres Bangkalan, Iptu Mansyur mengungkapkan, tercatat 47 pohon yang ranting-rantingnya dipotong karena menutup lampu PJU.

"Ini sebagai upaya mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.Banyak kejadian laka yang disebabkan minimnya penerangan. Cahaya dari lampu PJU tertutup rimbunnya dedaunan dari ranting pepohonan," ungkap Mansyur kepada Surya.

Dalam kegiatan pemotongan ranting pohon, selain menggunakan mesin gergaji, petugas juga menurunkan truk pemotong pohon.

"Semoga bisa mengurangi kejadian laka karena lampu PJU sudah kembali terang," pungkasnya.

Sebelumnya, Dishub Bangkalan telah memberikan imbauan tegas kepada para pemilik truk fuso dan tronton untuk tidak parkir di badan jalan. Apalagi tidak melengkapi dengan traffic cone.

Kabid Lalu-lintas dan Angkutan Jalan Dishub Bangkalan Ari Moein mengungkapkan, pemilik truk berukuran besar harus memilik lahan untuk garasi.

Hal itu, lanjut Ari, mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1993 tentang Angkutan Jalan.

"Jadi tidak diparkir di atas badan jalan, bahkan ada yang menginap. Itu dikeluhkan pengguna jalan," tegasnya. 

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved