Pilkada Surabaya 2020

Setelah Surabaya, Rekomendasi PKB Menyusul untuk Daerah Lain se-Jawa Timur

PKB merekomendasikan Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin sebagai Bakal Calon Walikota Surabaya yang akan diusung dalam Pilkada Surabaya 2020.

Setelah Surabaya, Rekomendasi PKB Menyusul untuk Daerah Lain se-Jawa Timur
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar menyerahkan rekomendasi untuk Machfud Arifin di Pilwali Surabaya pada Minggu (19/1/2020) lalu  di Jakarta.  

SURYA.co.id | SURABAYA – Surabaya menjadi daerah pertama bagi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam memberikan rekomendasi dalam calon kepala daerah. Rencananya, partai berlambang sembilan bintang ini turut akan memberikan rekomendasi untuk daera lain.

Untuk diketahui, PKB merekomendasikan Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin sebagai Bakal Calon Walikota yang diusung.

”Rekomendasi resmi untuk Surabaya memang sudah turun. Namun, rekomendasi ini menjadi awal langkah yang nantinya akan disempurnakan dengan adanya nama Bakal Calon Wakil Walikota,” kata Wakil Sekretaris DPW PKB Jawa Timur, Fauzan Fuadi kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya Selasa (21/1/2020).

Fauzan menjelaskan, kemungkinan rekomendasi serupa akan turun menyusul untuk 18 daerah lain yang juga menyelenggarakan Pilkada serentak di Jawa Timur.

”Untuk daerah lain belum ada rekomendasi nama. Para kader PKB baru diminta untuk memulai langkah pemenangan di pilkada di masing-masing daerah,” katanya.

Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi PKB di DPRD Jawa Timur ini juga tak menutup kemungkinan bahwa rekomendasi untuk daerah lain akan berupa pasangan kepala daerah dan Wakil kepala daerah, bukan lagi calon perorangan.

”Sebab, yang dibutuhkan untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebenarnya rekomendasi pasangan,” kata Fauzan.

Sehingga, kalau saat ini sudah ada rekomendasi yang turun untuk figur perorangan, Fauzan mendorong calon yang bersangkutan mencari pasangan Calon Wakil kepala daerah. ”Rekomendasi sebenarnya tak mungkin berubah. Namun, yang menjadi catatan, kami tak bisa mengusung calon sendiri di Surabaya. Sehingga, rekomenndasi ini kedepan bergantung Pak Machfud dalam menjahit koalisi,” pungkasnya.

Sebelumnya, rekomendasi untuk Machfud Arifin di Pilwali Surabaya diserahkan langsung oleh Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar. Rekomendasi tersebut diserahkan di Jakarta pada Minggu (19/1/2020) malam lalu.

Pemberian rekomendasi itu juga dihadiri Sekjen PKB, Hasanuddin Wahid, Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar, Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPP PKB, M Reza, Khatib Aam PBNU, KH Yahya Cholil Staquf, dan Ketua DPC PKB Surabaya, Musyafak Rouf.

Rekomendasi tersebut didasarkan pada keyakinan PKB terhadap Machfud Arifin yang dipercaya lebih baik dibandingkan dengan kepemimpinan Wali Kota Surabaya saat ini, Tri Rismaharini.

"Beliau Jendral yang kaya pengalaman. Kami yakin Surabaya lebih baik. Bapak Machfud akan memimpin dengan penuh kebersamaan sehingga bisa melalukan percepatan," kata pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut.

Di bawah kepemimpinan Machfud, kemajuan pembangun kota Surabaya juga akan ditingkatkan.

“Pemerintah kedepan memang harus serius. Utamanya, dalam membangun fasilitas publik, pertumbuhan ekonomi, transportasi publik, kesejahteraan masyarakat dan memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat Surabaya,” kata Cak imin.

Cak Imin juga menghimbau kepada seluruh kader PKB untuk bergerak meyakinkan masyarakat Surabaya.  Menurutnya, Machfud Arifin akan mampu memajukan Surabaya dan membawa perubahan untuk Surabaya lebih baik.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved