Berita Pasuruan

Dana Desa di Kabupaten Pasuruan Tahun ini Meningkat Rp 2 Miliar

Ia berharap, kenaikan DD ini bisa meningkatkan pembangunan di desa-desa. Sehingga, pemerataan pembangunan di desa-desa lebih maksimal

Dana Desa di Kabupaten Pasuruan Tahun ini Meningkat Rp 2 Miliar
ist
ilustrasi 

SURYA.co.id | PASURUAN - Dana desa untuk Kabupaten Pasuruan tahun ini meningkat Rp2 miliar dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pasuruan, Luly Noermadiono menjelaskan, pendapatan pemerintah desa akan mengalami kenaikan tahun ini.

Disampaikan dia, pemerintah pusat menyiapkan Rp 368,7 miliar untuk desa-desa di Kabupaten Pasuruan pada 2020.

"Anggaran itu jika dibagi rata - rata di desa, satu desa bisa mendapatkan anggaran sekitar Rp 1 miliar lebih," kata Luly.

Menurut Luly, kucuran anggaran tahun ini lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya. Sebelumnya, Pemerintah Pusat hanya mengalokasikan DD sebesar Rp 364 miliar.

Menurut Luly, anggaran tersebut belum ditambah dengan alokasi anggaran untuk Bagi Hasil Pajak. Bagi hasil pajak itu mengalami kenaikan dibandingkan 2019.

Sebelumnya, pemerintah daerah mengalokasikan bagi hasil pajak sebesar Rp 43,9 miliar pada 2019. Sedangkan tahun ini, mencapai Rp 49,1 miliar. “Kenaikan ini dipengaruhi meningkatnya pendapatan daerah dari hasil pajak,” ulasnya.

Namun, untuk ADD, pemerintah memastikan tidak ada kenaikan. Pada 2019, pemerintah daerah mengalokasikan ADD hingga Rp 148,9 miliar. Nilai tersebut, diyakinkan Luly, sama pada 2020.

“Khusus untuk ADD, tidak ada kenaikan. Karena menyesuaikan kemampuan daerah,” urainya.

Ia berharap, kenaikan DD ini bisa meningkatkan pembangunan di desa-desa. Sehingga, pemerataan pembangunan di desa-desa lebih maksimal. 

“kami berharap masyarakat juga memiliki peran untuk mengawasi pemanfaatannya. Sehingga, bisa digunakan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan di wilayah desa dan membangun desa lebih baik ke depannya,” tutupnya. 

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved