Berita Surabaya

Uji Coba MERR - Pondok Candra pada 15 Februari 2020, Pulau Jalan Dikepras untuk Akses Putar Balik

Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Fattah Jasin menegaskan sudah ada kesepatan terkait uji coba pembukaan Jalan MERR-Pondok Candra.

Uji Coba MERR - Pondok Candra pada 15 Februari 2020, Pulau Jalan Dikepras untuk Akses Putar Balik
surya.co.id/fatimatuz zahroh
Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Fattah Jasin. 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Fattah Jasin menegaskan bahwa sudah ada kesepatan terkait uji coba pembukaan Jalan MERR-Pondok Candra.

Seusai menggelar rapat tertutup antara Dishub Kota Surabaya, Dishub Kabupaten Sidoarjo, Dirlantas Polda Jatim, perwakilan perwakilan PT Citra Margatama Surabaya selaku pengelola tol, serta Dishub Jatim sebagai mediator, terdapat satu kesepakatan.

Maksimal pembukaan jalan MERR - Pondok Candra pada tanggal 15 Februari 2020.

"Di rapat tadi di awal sempat susah dipertemukan antara Dishub Kabupaten Sidoarjo dan Dishub Kota Surabaya. Tapi setelah diskusi dengan Polda dan pengembang, ada win-win solution yang saya kira baik untuk semua pihak," kata Fattah saat dikonfirmasi Surya.co.id, Senin (20/1/2020).

Ditegaskan Fattah, demi kebaikan masyarakat pengguna jalan agar memudahkan akses dari Surabaya ke Sidoarjo maupu sebaliknya, maka harus ada kebijakan yang harus diambil.

"Yang mulanya kalau mau ke Sidoarjo dari MERR harus lurus dulu melewati pulau jalan, akhirnya nanti pulau jalannya diambil untuk putar balik dari utara," kata Fattah.

"Nanti akan ada traffict light, sampai ada perempatan kalau ke kiri ke bandara, lurus ke Pondok Candra, nanti ada belok ke kanan langsung ke tol. Jadi pulau jalan diambil untuk u-turn untuk ke kanan. Selama ini kan harus lurus dulu baru u-turn," lanjut Fattah.

Lebih lanjut Fattah menegaskan pengerjaan pengeprasan pulau jalan akan dikerjakan oleh Pemkab Sidoarjo.

Pulau jalan tidak dikepras seluruhnya. Melainkan diambil sedikit dengan ukuran prakiraan kendaraan roda empat bisa mengambil langkah arus balik.

"Jadi nanti pekerjaan di lapangan itu maksimal tanggal 15 Februari 2020. Begitu selesai pembuatan u-turn di pulau jalan, kita launching kita uji coba," tandas pria yang kini juga menjabat sebagai Kepala Bakorwil Pamekasan.

Uji coba akan dilakukan dengan membuka keseluruhan Jalan MERR-Pondok Candra.

Uji coba ini akan dilakukan selama tiga bulan hingga enam bulan.

Sesai uji coba tiga bulan akan dilakukan evaluasi kembali. Di titik mana yang masih ada penumpukan kendaraan dan mana yang butuh diatur ulang.

"Pemkot yang harus dilakukan adalah mereka harus segera memasang marka, kemudian dan juga tolong disiapkan lagi terkait lampu jalan. Dan kelengkapan jalan yang lain," tegas Fattah.

Pihaknya berharap dengan dibukanya akses ini, akses jalan di ujung Surabaya dan Sidoarjo bisa lebih lancar. Dan koneksi perhubungan antar jalan bisa lebih lancar.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved