Pemprov Jatim

Respons Gubernur Khofifah terkait 30 Pemerintah Daerah di Jatim Capai Maturitas SPIP Level 3

Sebanyak 30 pemerintah daerah di Jawa Timur mendapatkan Piagam Penghargaan Pencapaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3.

Respons Gubernur Khofifah terkait 30 Pemerintah Daerah di Jatim Capai Maturitas SPIP Level 3
surya.co.id/fatimatuz zahro
Gubernur Khofifah Indar Parawansa menerima Piagam Penghargaan Pencapaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), di Grahadi, Senin (20/1/2020). 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Sebanyak 30 pemerintah daerah di Jawa Timur mendapatkan Piagam Penghargaan Pencapaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Dengan diberikannya penghargaan Maturitas SPIP Level 3, mengartikan bahwa sistem pengendalian di 30 pemda, telah ada kebijakan SPIP dan telah diimplemensikan di pemerintah daerah.

Menunjukkan tingkat kematangan penyelenggaran sistem pengendalian intern pemerintah yang sudah baik.

Penghargaan pada 30 pemda atas Pencapaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) itu diserahkan oleh Plt.

Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman Didik Krisdianto, di Gedung Negara Grahadi, Senin (20/1/2019).

"Alhamdulillah sampai saat ini di Jatim ada 30 pemda, dari 39 total pemda  telah mampu mencapai Maturitas SPIP Level 3," kata Didik.

"Ini bukan keberhasilan BPKP Perwakilan Jatim. Tapi komitmen yang dari dari pimpinan daerah untuk menjalankan sistem pemerintahan yang berkualitas. Maka ke depan penyelenggaraan SSIP harus ditingkatkan," imbuhnya.

Tidak hanya itu, di tahun 2019, dari 39 pemda di Jatim, sebanyak 36 pemda sudah mendapatkan laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Sedangkan tiga pemda lainnya mendapatkan opini laporan keuangan Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Menurutnya ini juga prestasi yang cukup membanggakan. Sehingga ia berpesan agar ke depan sistem pemerintahan di Jawa Timur kian maju dan mengedepankan aspek akuntabilitas. Dan dalam melaksanaan program tetap berorientasi pada manfaat yang terukur.

Sebanyak 30 pemda yang menerima Penghargaan Pencapaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) adalah Provinsi Jawa Timur, Pemkab Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kabupaten Bojonegoro, dan Kabupaten Bondowoso.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved