Berita Surabaya

SMPK Santa Clara Gelar Pentas Seni Harmoni Indonesia, Tampilkan Karawitan hingga Hadrah

SMP Katolik Santa Clara mempersembahkan Pentas Seni bertemakan "Harmoni Indonesia" di Lapangan basket sekolah setempat, Jumat (17/1/2020).

SMPK Santa Clara Gelar Pentas Seni Harmoni Indonesia, Tampilkan Karawitan hingga Hadrah
surya.co.id/zainal arif
Penampilan Banjari dari SMA Islam Parlaungan Sidoarjo di Lapangan basket SMP Katolik Santa Clara, Jumat (17/1/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - SMP Katolik Santa Clara mempersembahkan Pentas Seni bertemakan "Harmoni Indonesia" di Lapangan basket sekolah setempat, Jumat (17/1/2020).

Tema karena Indonesia mempunyai 1.340 suku bangsa, sehingga sebagai perpaduan beragam budaya di Indonesia di kemas dalam pentas seni.

"Indonesia itu Bhineka tunggal Ika kami memadukan berbagai macam budaya di Indonesia, meskipun kami sekolah katolik akan tetapi kami tetap berkolaborasi dengan menyatukan kebudayaan lain," kata Tri Boedi selaku ketua panitia.

Tri Boedi menjelaskan, ini merupakan tempat untuk siswa kelas 9 SMP Katolik Santa Clara wajib menampilkan kreativitas, bakat, serta minat untuk menghibur penoton, dan secara bersamaan mereka juga menjadi panitia acara.

Total 166 panitia yang terdiri dari siswa 124 orang dan guru 42 dalam pelaksanan kegiatan pentas seni tersebut.

"Panitia bertugas mempersiapkan dekorasi, mengatur acara, perlengkapan, dan lain-lain," ujar Alexa  bendahara sekaligus pengisi acara pensi.

Besarnya antusias siswa dalam mengisi acara hingga membuat sebagian kelas 7 dan 8 menyumbangkan penampilan terbaik dalam kesempatan pentas seni tersebut.

Bahkan SMP Katolik Santa Clara Surabaya mengundang sebuah kesenian khas Islami yaitu Banjari dari SMA Islam Parlaungan Sidoarjo untuk mengisi pentas seni 'Harmoni Indonesia'.

Acara ini berlangsung sejak pukul 08.00 hingga pukul 12.00 WIB, berbagai macam penampilan dari siswa untuk memeriahkan pentas seni tersebut.

Kurang lebih total 30 acara ditampilkan dalam acara pentas seni, misalnya, Karawitan, Tari, Ansambel, Vokal, Band, Kolintang, Hadrah, Reog, Deklamasi, Pakaian adat, Bazaar, dan lain-lain.

"Senang sekali diberi kesempatan tampil menghibur dan membuat orangtua saya bangga, tadi saya bermain kolintang dan ansamble," kata Jeje pengisi acara dari kelas 9 SMP Katolik Santa Clara Surabaya.

Ribuan penonton hadir di SMP Katolik Santa Clara yang terdiri dari siswa, orangtua, dan masyarakat sekitar yang langsung menyaksikan pentas seni secara gratis.

"Luar biasa sekali ya, dengan ini semoga kami dapat lebih mengenal dan mencintai budaya Indonesia," kata Marchel penonton pentas seni 'Harmoni Indonesia'.

Penampilan Pakaian Adat SMP Katolik Santa Clara di di Lapangan basket SMP Katolik Santa Clara. Jl. Ngagel Madya Nomor 1 Surabaya, Jumat (17/1/2020).

Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved