Citizen Reporter

Peduli Lansia, Bentuk Nyata Pengabdian Masyarakat Mahasiswa UKDC

Para mahasiswa UKDC berharap pelatihan ini dapat menumbuhkan suasana yang aktif dan kreatif.

ist/citizen reporter
Salah satu lansia penghuni UPTD Griya Wreda Jambangan menunjukkan hasil karyanya yang dibuat dalam pelatihan bersama mahasiswa UKDC Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Di lokasi yang menyempil antara perumahan Ketintang Madya dan jalan Karah Agung, Surabaya, para petugas UPTD Griya Wreda Jambangan melakukan tugasnya merawat para lansia.

Di bawah komando Septati Hendartini, UPTD Griya Wreda Jambangan telah merawat sekitar 150 penghuni lansia, yang terdiri dari 115 lansia non-mandiri, dan 35 lansia mandiri.

Aktivitas di tempat itu menarik perhatian mahasiswa Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya yang menggelar KKN Tematik. 

Para mahasiswa yang dimotori oleh Martin Depores Don dan Dosen Pembimbing, Nany Suryawati, membawa agenda pelatihan kerajinan tangan untuk penghuni UPTD Griya Wreda Jambangan.

Nining, seorang praktisi yang telah malang melintang di bisnis kerajinan tangan, diajak turut serta membagikan ilmunya ke peserta pelatihan.

Antusias dari penghuni lansia, terutama lansia mandiri, tampak tinggi sekali. Mereka dengan serius menyimak dan mempraktikkan setiap instruksi dari pelatih dan mahasiswa.

Lewat Program Permakanan, Mahasiswa UKDC Surabaya Kuatkan Moral Penyandang Disabilitas

Sambil membuat dompet dan gantungan kunci, para lansia itu juga kerap bercerita tentang masa muda mereka, pengalaman mereka kepada para mahasiswa, tertawa ceria seakan kembali ke usia muda.

Suasana pelatihan yang dibangun dengan kekeluargaan itu telah melepaskan mereka dari kesepian dan kebosanan. Hal ini memang menjadi target utama dari mahasiswa UKDC yang memupuk kepedulian akan keberadaan para lansia.

Para mahasiswa UKDC berharap pelatihan ini dapat menumbuhkan suasana yang aktif dan kreatif. Bahkan karya-karya kerajinan tangan itu dapat dipasarkan bila pihak UPTD Griya Wreda Jambangan berkehendak.

Nining dan komunitasnya juga bersedia memberikan pelatihan tambahan bila diperlukan.

Membangun Asa di Kampung Anak Negeri Surabaya Ala Mahasiswa UKDC

Artikel ini ditulis oleh Teddy W.B. dkk, Tim Kelompok 6 KKN UKDC Surabaya

Tags
UKDC
lansia
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved