Pilwali Blitar

Antusiasme Tinggi, KPU Prediksi akan Ada 5 Paslon Peserta Pilwali Blitar 2020

KPU Kota Blitar memperkirakan jumlah pasangan calon (Paslon) peserta Pilwali Blitar 2020 lebih banyak dibandingkan pada Pilwali Blitar 2015.

samsul hadi/surya
Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam (tengah) saat sosialisasi tahapan Pilwali Blitar 2020, Kamis (16/1/2020). 

SURYA.co.id | BLITAR - KPU Kota Blitar memperkirakan jumlah pasangan calon (Paslon) peserta Pilwali Blitar 2020 lebih banyak dibandingkan pada Pilwali Blitar 2015. Hal itu terlihat dari geliat sejumlah tokoh yang ingin maju di Pilwali Blitar 2020 baik lewat jalur perseorangan maupun lewat partai politik.

"Kalau melihat antusiasnya, jumlah pesertanya lebih banyak dibandingkan Pilwali Blitar 2015. Kemungkinan bisa ada lima pasangan calon di Pilwali 2020, sedang Pilwali 2015 hanya ada dua pasang peserta," kata Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam, Kamis (16/1/2020).

Umam mengatakan, perkiraan jumlah pasangan calon itu berdasarkan melihat dinamika politik yang berkembang menjelang Pilwali Blitar 2020. Saat ini, sudah ada tiga bakal pasangan calon perseorangan yang berniat mendaftar menjadi peserta Pilwali 2020 di KPU.

Ketiga bakal pasangan calon perseorangan sudah intensif berkomunikasi dengan KPU menjelang jadwal tahapan penyerahan syarat minimal dukungan.

Sebanyak dua dari tiga bakal pasangan calon perseorangan juga sudah menyerahkan surat mandat operator untuk sistem informasi pencalonan (Silon).

Sejumlah partai politik juga sudah membuka penjaringan bakal calon wali kota dan bakal calon wakil wali kota.

Antusias masyarakat mendaftar sebagai bacawali dan bacawawali di penjaringan partai politik juga tinggi.

"Dari perseorangan ada tiga bakal pasangan calon yang berniat mendaftar. Untuk bakal calon lewat partai, kami perkirakan ada dua sampai tiga pasangan yang akan ikut Pilwali," ujarnya.

Selain itu, kata Umam, KPU juga mempelajari siklus pelaksanaan Pilwali Blitar.

Menurutnya, pada 2010 ada lima pasangan calon yang menjadi peserta Pilwali.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved