Berita Banyuwangi

Gandeng Investor dari Singapura, Pemkab Banyuwangi akan Mempercantik Pulau Tabuhan

Gandeng investor dari Singapura, Pemkab Banyuwangi akan mempercantik Pulau Tabuhan

Gandeng Investor dari Singapura, Pemkab Banyuwangi akan Mempercantik Pulau Tabuhan
Pemkab Banyuwangi
Wisatawan asing sedang bisa menikmati suasana Pulau Tabuhan Banyuwangi 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi akan mempercantik Pulau Tabuhan. Pulau ini merupakan pulau kecil di wilayah utara Banyuwangi yang tak berpenghuni, namun memiliki panorama indah.

Untuk menyeberang, dibutuhkan waktu 20 menit menggunakan kapal wisata yang disediakan warga.  Wisatawan bisa menikmati pemandangan menawan gradasi warna laut mulai hijau, biru muda, sampai biru tua. Biota lautnya menawan.

Pemandangan indah itu bisa dinikmati hanya dengan kedalaman 50 centimeter, sangat memanjakan wisatawan yang gemar snorkeling dan diving. Pulau ini juga jadi favorit penggemar olahraga air seperti selancar layang dan selancar angin.

Untuk mempercantik Pulau Tabuhan, Pemkab Banyuwangi menggandeng salah satu investor dari Singapura yang telah berpengalaman.

"Kami bekerjasama dengan salah satu investor dari Singapura yang telah punya kualifikasi, kemampuan, dan kapabilitas sejenis Mandalika di Labuhan Bajo untuk mempercantik Pulau Tabuhan," kata Guntur Priambodo, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Banyuwangi, Rabu (15/1/2020).

Guntur menuturkan dengan dikelola pihak swasta secara profesional, pulau tersebut berpotensi akan mendatangkan lebih banyak wisatawan.

Terlebih Pulau Tabuhan selama ini menjadi destinasi pelengkap wisata Bali Barat bersama Pulau Menjangan karena letaknya yang starategis di Selat Bali.

Dalam pengelolaannya, menurut Guntur, pengelola diwajibkan memperhatikan dan tidak merusak ekosistem di Pulau Tabuhan.

"Banyak ketentuan-ketentuan yang harus dilakukan oleh pihak pengelola, terutama menjaga ekosistem di Pulau Tabuhan, dan ramah lingkungan," ujarnya.

Pengoptimalan Pulau Tabuhan juga berdasarkan audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang salah satu temuannya banyak aset di Banyuwangi yang tidak optimal.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved