Grahadi

Pemprov Jatim

Tes SKD CPNS Pemprov Jatim Digelar 19 Hari, Dimulai 8 Februari 2020, Seperti Ini Teknisnya

Tes SKD CPNS Pemprov Jatim akan diikuti sebanyak 54.677 peserta yang sebelumnya sudah dinyatakan lulus seleksi adminitrasi.

Tes SKD CPNS Pemprov Jatim Digelar 19 Hari, Dimulai 8 Februari 2020, Seperti Ini Teknisnya
SURYA.co.id/Ahmad Zaimul Haq
ILUSTRASI - Peserta saat bersiap mengikuti ujian menggunakan Computer Assisted Tes (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur memastikan bahwa tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Pemprov Jatim akan diselenggaran pada 8 Februari 2020 mendatang.

Tes SKD akan diikuti sebanyak 54.677 peserta yang sebelumnya sudah dinyatakan lulus seleksi adminitrasi, termasuk yang sudah ditambah dari masa sanggah.

Lantaran jumlah peserta yang akan mengikuti SKD mencapai puluhan ribu, tes SKD akan dilaksanakan dalam beberapa sesi dan akan dihelat hingga 19 hari.

"Yang lolos administrasi setelah masa sanggah tambahannya tidak terlalu banyak. Untuk tempatnya, masih menunggu kepastiannya dulu. Kita akan menggelar tesnya 19 hari. Maksimal sepekan jelang tes kita akan umumkan tempat tes hingga nomor meja setiap peserta," tutur Kepala BKD Provinsi Jatim, Nur Kholis, Selasa (14/1/2020).

Lebih lanjut ia menegaskan, SKD akan digelar berbasis Computer Assisted Test (CAT). Soal yang diberikan adalah soal yang terkoordinasi oleh panselnas dan dijamin tidak akan bocor.

Dalam sehari, tes akan digelar BKD Jatim hingga lima sesi. Masing-masing sesi diikuti oleh 600 peserta.

"Kita sudah menghitung, dengan jumlah total peserta sejumlah itu, maka dalam sehari akan ada 3.000 peserta yang akan mengikuti tes. Kita menyiapkan 600 unit komputer," tegasnya.

Tidak hanya itu, sebanyak 50 unit komputer juga sudah disiapkan sebagai tambahan atau cadangan jika ada kerusakan unit yang lain. Sehingga dipastikan peserta bisa mengikuti SKD dengan lancar.

Disinggung soal CAT, BKD Jatim memastikan kerahasiaannya. Sebab, soal yang disiapkan oleh tim panitia seleksi nasional (Panselnas) baru akan diberikan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjelang pelaksanaan.

"Soalnya setiap peserta pasti beda. Jadi jangan khawatir nanti yang sudah ikut sesi SKD lalu membocorkan ke yang lain, karena soal akan diacak dalam pelaksanaan CAT SKD," tandas Nur Kholis.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved