Mahasiswa ITS Buat Fermentor Donat Ekonomis dan Praktis Untuk UMKM

Mahasiswa Departemen Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merancang fermentor donat yang ekonomis dan praktis.

Mahasiswa ITS Buat Fermentor Donat Ekonomis dan Praktis Untuk UMKM
ist
Tim mahasiswa Departemen Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merancang fermentor donat pada UMKM Wid Donat Roti Kentang di daerah Kejawan Putih Tambak, Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Mahasiswa Departemen Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merancang fermentor donat yang ekonomis dan praktis.

Karya inovasi tim ini terinspirasi dari permasalahan yang ada dalam UMKM Wid Donat Roti Kentang di daerah Kejawan Putih Tambak, Surabaya.

Ketua tim, Pandhu Dirga Pratama mengungkapkan, proses produksi donat di UMKM ini masih menggunakan proses konvensional sehingga hasil pengembangan adonan kurang maksimal.

Tim inipun melihat permasalahan pada proses fermentasi donat. Padahal proses fermentasi ragi roti yang baik dapat menghasilkan adonan donat yang bertekstur empuk dan disukai penikmatnya.

Pandhu menjelaskan bahwa proses fermentasi yang baik adalah proses yang terisolasi dari oksigen dan mencapai titik optimal sesuai dengan mikroba yang dipakai dalam proses fermentasi.

“Kami ingin mengaplikasikan teori mata kuliah mikrobiologi yang kami dapat di departemen untuk menyelesaikan masalah di UMKM yang kami datangi,” ungkapnya.

Untuk dapat membuat kondisi optimal bagi ragi yang digunakan dalam proses pengembangan adonan donat, Pandhu dan kelompoknya mendesain fermentor yang berbentuk seperti lemari.

"Fungsi utama dari fermentor ini ialah sebagai pengembang adonan. Suhu dan kelembabannya terkontrol sesuai ragi yang dipakai,” ujar mahasiswa asal Bekasi ini.

Dikatakan Pandhu, fermentor donat ini memiliki kapasitas yang cukup besar. Desainnya terdiri dari lima loyang, dengan kapasitas 20 adonan donat tiap loyangnya.

"Kami desain fermentor dengan dua lampu penghangat berkapasitas 40 watt yang disematkan di atas dan di bawah proofer yang bekerja untuk menaikkan suhu,"paparnya.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved