Pilwali Surabaya 2020

Machfud Arifin Belum Berkomunikasi Dengan PDI Perjuangan Terkait Pilwali Surabaya 2020

Mantan Ketua TKD Jokowi-Ma'ruf Amin di Jatim, Machfud Arifin menegaskan belum ada pembicaraan dengan PDI Perjuangan terkait Pilwali Surabaya 2020.

Machfud Arifin Belum Berkomunikasi Dengan PDI Perjuangan Terkait Pilwali Surabaya 2020
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Kebersamaam Bakal Calon Walikota Surabaya, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin dengan PDI Perjuangan Jawa Timur kala masih menjadi Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin di Jatim. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bakal Calon Walikota Surabaya, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin menegaskan belum ada pembicaraan dengan PDI Perjuangan terkait Pilwali Surabaya 2020.

Sekalipun demikian, Machfud tak menutup kemungkinan untuk diusung PDI Perjuangan dalam kontestasi Pilkada 2020.

"Kalau misalnya ada (tawaran), ya bisa saja (diusung PDI Perjuangan). Namun yang jelas, sampai sekarang belum ada komunikasi itu," kata Machfud.

Menariknya, dibandingkan dengan PDI Perjuangan, Machfud justru mengaku telah berkomunikasi intensif dengan beberapa partai lain. Di antaranya, dengan Partai Gerindra.

"Namun, justru kami sudah komunikasi dengan Pak Pri (Soepriyatno, Ketua DPD Gerindra Jatim) sejak awal. Kami membangun kendaraan bersama untuk maju," kata mantan Kapolda Jatim ini.

Mantan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin di Jatim ini juga cukup optimistis pihaknya dapat maju dengan dukungan kursi parpol yang cukup. Sekalipun, tanpa PDI Perjuangan.

Oleh karena itu, pihaknya pun belum berencana untuk membuka komunikasi dengan PDI Perjuangan. "Kami tak berandai-andai. Kami yang pasi-pasti (memberikan rekomendasi) saja," katanya.

"Yang jelas, sampai sekarang belum komunikasi. Sehingga, kami fokus pada (partai) yang sudah pasti saja," pungkasnya.

Untuk diketahui, PDI Perjuangan sebenarnya memiliki sejarah kedekatan dengan Machfud Arifin. Mengingat, Machfud dan PDI Perjuangan pernah bekerjasama pada pemilihan Presiden lalu.

Di Surabaya, PDI Perjuangan pun juga keluar sebagai pemenang. Dari 50 kursi DPRD Surabaya, PDI Perjuangan berhasil mengusai 15 kursi di antaranya.

Namun, hingga batas waktu pendaftaran di PDI Perjuangan, Machfud tak kunjung mendaftar. Baik untuk tingkat DPC hingga DPP, nama Machfud dipastikan belum tercatat.

Di sisi lain, Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Kusnadi pun menjelaskan tak mempermasalahkan apabila pada akhirnya Machfud akan menyeberang ke Gerindra di Pilwali Surabaya. "Sampai sekarang memang belum ada komunikasi kami dengan Pak Machfud," kata Kusnadi.

Berbeda halnya dengan Gerindra yang akan mendeklarasikan koalisi di akhir Januari, Kusnadi menyebut partainya belum terburu-buru. "DPP sejauh ini masih menimbang. Tentu, di Surabaya kami akan memberikan calon terbaik bagi masyarakat," pungkasnya. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved