Berita Gresik

Dewan Soroti Pengerjaan Proyek di Gresik: Proyek Jalan Amburadul, Ada Tiang PJU di Tengah Saluran

Pengerjaan sejumlah proyek di Kabupaten Gresik mendapat sorotan tajam dari kalangan dewan.

Dewan Soroti Pengerjaan Proyek di Gresik: Proyek Jalan Amburadul, Ada Tiang PJU di Tengah Saluran
surya.co.id/willy abraham
Sekretaris Komisi III DPRD Gresik, Abdullah Hamdi menunjuk tiang PJU berdiri di tengah saluran di Jalan RE Martadinata, Selasa (14/1/2020). 

SURYA.co.id | GRESIK - Pengerjaan sejumlah proyek di Kabupaten Gresik mendapat sorotan tajam dari kalangan dewan.

Salah satunya proyek peningkatan Jalan RE Martadinata yang di dalamnya juga pembangunan drainase.

Proyek dengan anggaran Rp 12 miliar dalam APBD Gresik tahun 2019 yang dikerjakan PT Liman Jaya Transmix itu, ternyata pekerjaannya amburadul.

Sekretaris Komisi III DPRD Gresik, Abdullah Hamdi mengaku awal pengerjaan tidak ada pengawas. Molor diberikan dispensasi. Setelah selesai ternyata amburadul.

Menurut politisi PKB ini, dengan kasat mata, warga bisa melihat. Bagaimana bisa ada tiang Penerangan Jalan Umum (PJU) ada di.tengah saluran drainase.

“Dilihat dari laporannya dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU TR), pekerjaannya sudah tuntas. Kenyataan di lapangan, hasil pekerjaannya amburadul,” kata Hamdi, Selasa (14/1/2020).

Kemudian pemasangan U ditch precast drainase yang tak lurus dan berkelok-kelok karena ada pohon yang tak ditebang.

Paling parah, ada U ditch precast drainase yang sengaja tak dipasang dan diloncati.

Menurut Hamdi, percuma saja dipasang U ditch precast drainase. Air yang masuk ke saluran tak akan bisa lancar. Seharusnya, tiang PJU dibongkar dan dipindah ke pinggir supaya tak menganggu drainase.

"Kenapa dibiarkan tiang PJU menancap dan berdiri tengah-tengah U ditch precast drainase ? Tiangnya ikut miring," kata dia.

Selain itu, ditemukan tutup atau cover U ditch precast drainase yang sengaja besinya tak di tekuk.

Banyaknya cover U ditch precast drainase yang sengaja tak terpasang. Membuatnya curiga ada indikasi penyimpangan serta sangat membahayakan bagi pengguna jalan. Apalagi harga cover U ditch itu tidak murah. Mengapa tidak dipasang semua ?

“Sekarang dihitung ya kalau harga cover U ditch precast drainase perbiji sekitar Rp 500 ribu, coba dihitung kerugian pemerintah karena banyak cover u ditch yang tak dipasang,” tegasnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga DPU TR Gresik, Dhianita Triastuti ketika dikonfirmasi wartawan mengaku sedang sibuk karena rapat.

"Saya sibuk rapat," singkatnya. 

Penulis: Willy Abraham
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved