Breaking News:

Berita Surabaya

Amien Rais Sebut 4 Calon Ketua Umum PAN akan Bertarung di Kongres

Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, tak memungkiri bahwa calon Ketua Umum PAN akan ada lebih dari satu orang

bobby constantine koloway/surya
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, dan Ketua DPW PAN Jatim, Masfuk hadir pada acara Rakerwil PAN Jatim, Minggu (12/1/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, tak memungkiri bahwa calon Ketua Umum PAN akan ada lebih dari satu orang. Menurutnya, terbuka kemungkinan calon Ketua Umum yang akan bertarung mencapai empat orang.

Keempat orang tersebut adalah Mulfachri Harahap, Zulkifli Hasan, Asman Abnur, hingga Drajat Wibowo. Untuk posisi pertama, Amin menyebut nama Mulfachri.

Menurut Amien, Mulfachri sudah dipastikan akan menggandeng Hanafi Rais, putranya, sebagai Calon Sekjend.

"Mulfachri dan Hanafi singkatannya MH. Artinya, Mewujudkan Harapan. Selain itu, kalau saya lihat di peta, yang kedua ada Zulkifli Hasan, yang mencoba lima tahun lagi. Ketiga, Asman Abnur. Keempat, ada Drajat Wibowo, namun saya belum menerima berita lebih lengkap," kata Amien ketika ditemui usai menghadiri Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) PAN Jatim, Minggu (12/1/2020).

Pada pelaksanaan Kongres mendatang, pihaknya juga mendorong pelaksanaan ajang pemilihan Ketua Umum tersebut dapat memenuhi beberapa kriteria.

Pertama, persaingan harus berhenti pasca Ketua Umum yang baru telah ditetapkan.

"Kalau mau pertandingan, pertandingan persahabatan. Ibaratnya boxing, ada yang berdarah, namun terus rangkulan. Itu namanya sportifitas," katanya.

Kedua, pihaknya juga mengingatkan para calon untuk tidak memakai kekuatan dari luar partai.

"Sebab, kekuatan dari luar ingin menghancurkan PAN dari dalam. Jadi, hati-hati. Jangan sampai melibatkan kekuatan dari luar, karena akan distruktif," lanjutnya.

Ketiga, Ketua Umum PAN harus merangkul pihak yang kalah. "Yang menang, harus merangkul yang kalah," katanya.

Selain itu, Kongres PAN juga harus memastikan bahwa partainya tidak akan mengganggu stabilitas pemerintahan.

"Kami tegaskan PAN tidak pernah tergoda untuk melakukan huru hara apalagi membuat Pak Jokowi agar tidak sampai 2024. Namanya, Presiden harus lima tahun, utuh. Tidak ada turun di tengah jalan. Sebab, itu bisa merusak," pungkasnya.

Pada Rakerwil tersebut, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, Ketua DPW PAN Jatim, Masfuk turut hadir bersama Sekretaris DPW PAN Jatim, A Basuki Babussalam.

Amien Rais juga sempat memberikan tausiah politik di hadapan ratusan kader pengurus PAN baik provinsi maupun kabupaten/kota. Rakerwil yang digelar DPW PAN Jatim ini mengagendakan tiga hal. Yakni, persiapan Kongres, pembahasan pilkada, hingga konsolidasi partai.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved