Berita Banyuwangi

Menparekraf Wishnutama Apresiasi Banyuwangi yang Luncurkan 123 Atraksi Wisata 2020

Wishnutama menilai Banyuwangi adalah contoh daerah yang berhasil mengkolaborasikan pariwisata dengan ekonomi kreatif.

Menparekraf Wishnutama Apresiasi Banyuwangi yang Luncurkan 123 Atraksi Wisata 2020
SURYA.co.id/Haorrahman
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio dan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas saat peluncuran 123 atraksi Banyuwangi Festival 2020 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Banyuwangi mempertegas posisinya sebagai kota festival, dengan meluncurkan 123 atraksi Banyuwangi Festival 2020, oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio dan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, di Jakarta, Rabu (8/1/2020) malam.

”Selamat untuk Banyuwangi yang terus konsisten mengembangkan event-event wisata. Pariwisata Banyuwangi terus maju, salah satunya karena daerah ini konsisten menyajikan atraksi menarik yang bisa menarik wisatawan,” kata Menparekraf Wishnutama.

123 atraksi yang diluncurkan sangat beragam. Ada seni-budaya, sport tourism, hingga kuliner.

Wishnutama menilai Banyuwangi adalah contoh daerah yang berhasil mengkolaborasikan pariwisata dengan ekonomi kreatif.

Banyuwangi, menurut Wishnutama, membuktikan bahwa potensi alam yang didukung kreativitas warganya akan mampu memberikan dampak yang luar biasa.

"Banyuwangi adalah contoh bagaimana pariwisata menjdi langkah cepat untuk memperbaiki kehidupan masyarakatnya. Banyuwangi menggunakan strategi komprehensif dalam pengembangan pariwisata," kata Wishnutama.

Berkat pembangunan pariwisata, Banyuwangi berhasil menekan angka kemiskinan yang sebelumnya di atas dua digit persen, kini tinggal 7,52 persen. Selain itu, peningkatan pendapatan daerah juga melonjak 134 persen.

Produk domestik bruto juga mengalami kenaikan dari Rp 32 triliun, menjadi Rp 78 triliun. Kemudian pendapatan perkapita rakyat Banyuwangi naik dari Rp 20,8 juta menjadi Rp 48,8 juta.

Apresiasi juga diberikan Wishnutama lantaran event tourism Banyuwangi terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Dari dulu saya senang mendengar Banyuwangi bikin banyak event. Selain mampu menarik wisatawan, event akan mampu membanggakan kita dan ini sudah dilakukan Banyuwangi. Selain kualitas atraksi wisata yang terus meningkat, yang menggembirakan dari Banyuwangi adalah antusiasme dan partisipasi masyarakat yang sangat luar biasa dalam mengembangkan pariwisata, sehingga sektor ini benar-benar bisa mendorong pergerakan ekonomi setempat," katanya.

Halaman
123
Penulis: Haorrahman
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved