Berita Lamongan

Dindik Lamongan Bertekad Wujudkan Kelas Digital, Guru TIK SMPN se-Lamongan Ikuti Workshop E-Learning

Workshop Training of Trainer (TOT) pembelajaran berbasis e-learning, digelar di SMP Negeri Kedungpring, Kamis (9/1/2020).

Dindik Lamongan Bertekad Wujudkan Kelas Digital, Guru TIK SMPN se-Lamongan Ikuti Workshop E-Learning
surya.co.id/hanif manshuri
Workshop Training of Trainer (TOT) pembelajaran berbasis e-learning, digelar di SMP Negeri Kedungpring, Kamis (9/1/2020). 

SURYA. co. id l LAMONGAN - Program kelas digital digalakkan Dinas Pendidikan Lamongan Jawa Timur. Launching perdana dilakukan SMP Negeri 1 Lamongan, Minggu (5/1/2020).

Dan gayung bersambut, giliran sebanyak 48 guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari seluruh SMP Negeri di Kabupaten Lamongan diwajibkan ikut workshop Training of Trainer (TOT) pembelajaran berbasis e-learning, digelar di SMP Negeri Kedungpring, Kamis (9/1/2020).

Workshop ini merupakan langkah awal dari Dinas Pendidikan Lamongan untuk mewujudkan program kelas digital yang akan diterapkan di seluruh SMP Negeri di Lamongan.

"Kita mau mengemas, dan menciptakan suatu bentuk Lamongan kelas digital," kata Kepala Dinas Pendidikan Lamongan, Adi Suwito, usai membuka workshop.

Artinya, untuk mengawali proses pembelajaran dengan metode digital, para pendidik harus melek teknologi. Lha para siswa dalam praktiknya boleh menggunakan gadget maupun komputer.

Adi menambahkan, kelas digital merupakan sebuah terobosan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dengan metode pembelajaran yang lebih menyenangkan.

Bahkan pelaksanaan pembelajaran nanti tidak hanya di dalam kelas bahkan bisa di luar kelas, di kantin boleh, di halaman boleh.

"Semuanya sama-sama melaksanakan proses pembelajaran, tapi siswa dibuat lebih enjoy," ujarnya.

Selain proses pembelajaran yang lebih fleksibel, menurut Adi, metode pembelajaran berbasis digital atau e-learning juga dinilai lebih efektif.

Kalau di dalam e-learning ini, pembelajaran jauh lebih efektif dibandingkan bentuk kelas yang konvensional itu, karena dalam prosesnya, anak itu lebih dinamis, punya pemahaman di bidang IT.

Halaman
12
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved