Berita Surabaya

Gelar Pertemuan Bulanan, Aspringta Ajak Puluhan Perempuan Ikuti Workshop dan Pamer Karya

Pertemuan ini dikemas dalam workshop yang juga dihadiri masyarakat umum, di Rumah Kreatif BUMN Bank Mandiri, Rabu (3/1/2020).

Gelar Pertemuan Bulanan, Aspringta Ajak Puluhan Perempuan Ikuti Workshop dan Pamer Karya
surya.co.id/ahamd zaimul haq
Kegiatan workshop yang digelar Aspringta di Rumah Kreatif BUMN Bank Mandiri, Rabu (8/1/2020) dihadiri oleh puluhan perempuan yang juga pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Asosiasi pengrajin bunga kering dan buatan (Aspringta) menggelar pertemuan bulanan.

Pertemuan ini dikemas dalam workshop yang juga dihadiri masyarakat umum, di Rumah Kreatif BUMN Bank Mandiri, Rabu (3/1/2020).

Workshop pembuatan aksesori bunga dari kain perca batik itu diikuti oleh 40 perempuan yang tergabung dalam Aspringta, juga masyarakat umum pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM).

Dalam membuat aksesori bunga dari kain perca batik itu, peserta workshop dipandu oleh mentor yang juga sekretaris Aspringta yakni, Wahyu Rini Marhaeni.

Perempuan yang akrab disapa Rini itu mengaku, peralatan dan bahan yang digunakan peserta untuk membuat aksesoris bunga dari kain perca batik telah disiapkan oleh penyelenggara.

“Bahan dan alat yang dibutuhkan seperti, lempengan tembaga, paku sunduk, cangkang/batok kelapa, kain perca batik, tang, lem tembak, dan gunting. Sebagian alat dan bahan yang digunakan bisa ditemukan di sekitar kita,” terang Rini.

Jadi, imbuh Rini, peserta yang hadir tinggal duduk dan membuat aksesoris bunga sesuai instruksi dari mentor.

Cara pembuatan aksesoris ini, disebut Rini cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah.

“Jika barang-barangnya sudah siap, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membungkus manik-manik untuk dijadikan bagian tengah bunga,” tuturnya sambil mencontohkan cara pembuatannya di depan peserta.

Kemudian, untuk bagian kelopak bunga, peserta workshop menggunakan cangkang atau batok kelapa yang juga bisa dibungkus dengan kain perca batik.

Halaman
12
Penulis: Akira Tandika
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved