Grahadi

Beranda Grahadi

Potensi Cuaca Ekstrem di Jatim, Lakukan Operasi TMC Membuang Hujan Intensitas Tinggi ke Laut

TMC memang dibutuhkan di Jawa Timur agar tidak terjadi banjir sebagaimana di DKI Jakarta yang diakibatkan hujan intensitas tinggi

Potensi Cuaca Ekstrem di Jatim, Lakukan Operasi TMC Membuang Hujan Intensitas Tinggi ke Laut
SURYA.co.id/Fatimatuz Zahro
Sekda Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono saat meninjau kesiapan tanggap bencana di posko yang ada di kantor BPBD Provinsi Jawa Timur, Selasa (7/1/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Warning BMKG akan adanya cuaca ekstrem 10 hari ke depan di Jawa Timur turut diantisipasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur.

Dalam hari-hari ini, potensi hujan deras dengan intensitas tinggi akan dialihkan ke laut.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Sekda Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono, Selasa (7/1/2020).

Di sela meninjau kesiapan tanggap bencana di kantor BPBD Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono menegaskan bahwa Pemprov Jatim sudah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan juga Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk modifikasi cuaca ekstrem di Jawa Timur.

"Kita sudah mendapatkan peringatan akan ada peningkaan curah hujan lebih dari 300 mm. Kita sudah koordinasi dengan BMKG pusat untuk memindahkan potensi hujan deras di Jatim ke laut, ini rekayasa untuk mengurangi intensitas hujan agar menyebar," kata Heru.

Teknisnya, bekerja sama dengan TNI AU, dilakukan penyebaran garam di awan-awan yang berpotensi menyebabkan deras. Awan tersebut ditarik dengan teknik tertentu di alihkan ke arah laut.

Dikatakan Sekda, Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) ini langsung dibawah koordinasi nasional yang dilakukan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Jawa Timur menjadi salah satu daerah yang disasar untuk operasi TMC karena potensi cuaca ekstrem yang akan terjadi di Jawa Timur.

"Jawa Timur termasuk yang dilakukan operasi TMC. Agar hujan tidak ambrek di satu waktu dan satu kawasan tertentu maka disebarlah dibuang ke laut," tegas Heru.

Di sisi lain, Heru juga menjelaskan kesiapan Jawa Timur menanggulangi bencana.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved