Berita Mojokerto

Fenomena Alam Sumber Banyu Asin di Mojokerto Punya Kandungan Minyak Bumi

Fenomena alam Sumber Banyu Asin di Dusun Brayu Kulon, Desa Brayublandong, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, dipercaya peninggalan leluhur

Fenomena Alam Sumber Banyu Asin di Mojokerto Punya Kandungan Minyak Bumi
mohammad romadoni/surya
Fenomena alam Sumber Banyu Asin di ladang persawahan Dusun Brayu Kulon, Desa Brayublandong, Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto. 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Fenomena alam Sumber Banyu Asin di area persawahan Dusun Brayu Kulon, Desa Brayublandong, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, dipercaya masyarakat sebagai peninggalan leluhurnya.

Kepala Dusun Brayu Kulon, Edy Purwanto (49),  menjelaskan Sumber Banyu Asin ini muncul secara misterius di kampungnya. Tidak bisa dipastikan cikal bakal keberadaan Sumber Banyu Asin di tengah ladang persawahan tersebut.

"Dari dulu sudah ada Sumber Banyu Asin ini dari leluhur kita," ujarnya saat ditemui Surya di kediamannya, Selasa (7/1/2020).

Fenomena Alam Unik Sumber Banyu Asin di Mojokerto, Warga Sebut Sudah Ada Sejak Zaman Belanda

Ia mengatakan Sumber Banyu Asin ini dulunya dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan pengganti garam.

Mereka menggali tanah di sumber Banyu Asin setelah itu airnya di bawa menggunakan wadah air bambu dan dibawa ke rumah untuk diolah.

Air dari sumber ini, lanjut dia, disaring dan direbus sampai mendidih lalu didiamkan.

Setelah itu dikemas menggunakan botol beling dipakai untuk obat krupuk puli (Krupuk nasi).

Dulu warga di sini jalan kaki menjual pengolahan air Sumber Banyu Asin berupa (Obat krupuk Puli) ke Mojosari dan Krian Sidoarjo.

"Sepengetahuan saya, setelah banyak garam dapur sudah berhenti berjualan itu sekitar tahun 1970. Kalau sekarang sudah tidak ada yang membudidayakan lagi," ungkapnya.

Menurut dia, meskipun pada musim kemarau sumber Banyu Asin ini tidak pernah surut justru airnya berasa semakin asin seperti air laut.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved