Berita Tuban

Dampak Siklon Tropis, Gelombang Tinggi akan Berlangsung Empat Hari ke Depan

Tinggi gelombang akibat siklon tropis ini mulai 1,25 meter sampai 2,5 meter. Nelayan diimbau untuk waspada

Dampak Siklon Tropis, Gelombang Tinggi akan Berlangsung Empat Hari ke Depan
surya.co.id/m sudarsono
Gelombang tinggi di perairan laut Tuban 

SURYA.co.id | TUBAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim kelas II Tanjung Perak Surabaya mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi, Selasa (7/1/2020).

Dalam peringatan tersebut, terdapat sejumlah daerah yang akan terjadi gelombang tinggi akibat Tropical Cyclone Blake 993 hPa di perairan barat laut Australia.

Cyclone dapat menyebabkan kecepatan angin dan gelombang tinggi selama empat hari ke depan, dimulai Rabu (8/1/2020).

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Tuban, Desindra Deddy Kurniawan, tinggi gelombang akibat siklon tropis ini mulai 1,25 meter sampai 2,5 meter.

Adapun daerah yang terdampak yaitu perairan laut Kalteng bagian timur, laut Jawa utara Bawean, Laut Jawa selatan Bawean, Laut Jawa Barat Masalembu, Laut Jawa Timur Masalembu.

Kemudian ada perairan Tuban-Lamongan, perairan Gresik-Surabaya, Perairan utara Madura, Kepulauan Sapudi, Kepulauan Kangean, dan Perairan Selatan Jatim.

"Siklon tropis berdampak pada ketinggian gelombang dan angin di sejumlah perairan, mulai berlaku besok selama empat hari ke depan," ujar Desindra, Selasa (7/1/2020).

Dia menjelaskan, dengan adanya peringatan dini cuaca buruk tersebut, maka untuk nelayan perahu kecil diharapkan waspada dan berhati-hati terhadap ketinggian gelombang.

Bahkan atas pertimbangan keselamatan, BMKG menyarankan nelayan untuk tidak melaut apabila ketinggian gelombang mencapai 2 meter.

"Apabila gelombang tinggi mencapai Rp 2 meter, maka disarankan nelayan tidak melaut," pungkasnya

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved