Pilbup Kediri 2020

Sejumlah Potensi ini yang akan Dimaksimalkan oleh Bacabup Kediri Dr Sukma Sahadewa

Salah satu kandidat bakal calon bupati Kediri Dr Sukma Sahadewa berharap dirinya bisa meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Kediri.

Sejumlah Potensi ini yang akan Dimaksimalkan oleh Bacabup Kediri Dr Sukma Sahadewa
surya.co.id/zainel arif
Dr Sukma Sahadewa (berpeci hitam) menghadiri acara Kongres VI Keluarga Alumni Wijaya Kusuma Surabaya di Hotel Majapahit, Minggu (5/1/2020). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Salah satu kandidat bakal calon bupati Kediri Dr Sukma Sahadewa berharap dirinya bisa meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Kediri.

"Potensi tentang pendidikan, di kabupaten Kediri terkenal dengan kampung Inggris, kami akan membentuk desa-desa sebagai sarana kampung edukasi untuk mengenalkan bahasa lain seperti kampung Inggris," kata Dr. Sukma Sahadewa.

"Selain itu kami ingin mengenalkan budaya ke desa-desa dengan pelatihan sanggar-sanggar, penggabungan pendidikan dan budaya inilah yang tidak terfikirkan oleh calon  lain," sambung Dr. Sukma saat di wawancara di sela acara Kongres VI Keluarga Alumni Wijaya Kusuma Surabaya di Hotel Majapahit, Minggu (5/1/2020).

Ditanya mengenai sekolah gratis, ia menjelaskan bahwa dana APBD hanya dapat menyekolahkan anak secara gratis sampai SD.

Ia pun menjelaskan rencananya yang ingin menggratiskan hingga SMP.

"Kami memerlukan suatu investasi kepada pengusaha, Corporate Social Responsibility (CSR) yang ada si kediri kita alokasikan ke SDM yaitu dengan cara pemberian beasiswa sekolah untuk siswa berprestasi atau kurang mampu," tandasnya.

Selain itu, ia juga ingin membangun tempat komunitas anak muda untuk kreasi menyalurkan hobi dan sebagai tempat wisata.

"Kami akan melakukan upaya memberikan pelatihan kreativitas bagi pemuda karena Kabupaten Kediri mempunyai banyak komunitas anak muda yang mampu memanfaatkan potensi luar biasa, baik Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusia," jelas Bacabup dari PDIP ini.

Ia kemudian memberikan contoh "sumber mata air di kabupaten Kediri kita bisa kelola ekosistemnya supaya seimbang tetapi ada nilai wisata yang bisa kita jual," jelas Sukma.

Selain itu, menyejahterakan guru tidak tetap juga menjadi prioritas utama.

"Ini sebagai upaya peningkatan derajat pendidikan dan fasilitas sekolah di kabupaten perlu direvitalisasi," pungkasnya;.

Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved