Breaking News:

Berita Blitar

Pemkot Blitar Terbitkan SK Kedaruratan, Ini Tujuannya

Pemkot Blitar akan menerbitkan Surat Keputusan (SK) tentang Kedaruratan untuk menghadapi cuaca ekstrem

Penulis: Samsul Hadi | Editor: irwan sy
samsul hadi/surya
Sejumlah bangunan di pinggir Kali Lahar di Jalan Raung, Kepanjenlor, Kota Blitar, ini rawan terkena tanah longsor saat terjadi hujan deras. 

SURYA.co.id | BLITAR - Pemkot Blitar akan menerbitkan Surat Keputusan (SK) tentang Kedaruratan untuk menghadapi cuaca ekstrem. SK Kedaruratan ini untuk memudahkan Pemkot Blitar melakukan penanganan saat terjadi bencana alam.

"Belakangan ini cuaca ekstrem, banyak kejadian longsor, tanah amblas, dan pohon tumbang di Kota Blitar. Untuk itu, saya perintahkan Kabag Hukum segera menerbitkan SK Kedaruratan. Agar kami lebih mudah melakukan penanganan. Ada payung hukumnya," kata Plt Wali Kota Blitar, Santoso, Senin (6/1/2020).

Santoso mengatakan sudah meninjau beberapa peristiwa longsor di Kota Blitar. Rata-rata, peristiwa longsor terjadi di aliran Kali Lahar. Pemkot Blitar juga sudah melaporkan kejadian tanah longsor di aliran Kali Lahar ke provinsi.

"Untuk membangun plengsengan di Kali Lahar yang longsor butuh biaya besar. Kami tidak sanggup. Makanya kami laporkan ke provinsi kejadian itu," sambungnya.

Santoso juga sudah mengumpulkan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mengantisipasi terjadi bencana alam di musim hujan ini.

Ia meminta Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) untuk memetakan daerah rawan bencana.

Camat dan Lurah juga dikumpulkan untuk memantau wilayahnya masing-masing.

Menurutnya, Camat dan Lurah harus paham titik-titik rawan bencana di wilayahnya, termasuk menyiapkan tempat evakuasi saat terjadi bencana alam.

Santoso juga memerintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mempersiapkan obat-obatan yang dibutuhkan masyarakat saat terjadi bencana alam.

Untuk dapur umum, dia meminta Dinas Sosial untuk segera menyiapkannya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved