Berita Tuban

Antisipasi Bencana, BPBD Tuban Siapkan Lima Posko di Aliran Sungai Bengawan Solo

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto mengatakan, sejumlah kecamatan yang dilewati Sungai Bengawan akan didirikan posko darurat.

Antisipasi Bencana, BPBD Tuban Siapkan Lima Posko di Aliran Sungai Bengawan Solo
surabaya.tribunnews.com/m sudarsono
Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono, bersama anggota Kodim 0811 dan BPBD setempat mengecek posko tanggap bencana di Kecamatan Rengel, Senin (6/1/2020) 

Laporan Wartawan Surya, Mochamad Sudarsono

SURYA.co.id | TUBAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban melakukan kesiapsiagaan tanggap bencana memasuki musim penghujan.

Wilayah aliran Bengawan Solo menjadi atensi BPBD untuk mendirikan sejumlah posko di setiap kecamatan terkait.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto mengatakan, sejumlah kecamatan yang dilewati Sungai Bengawan akan didirikan posko darurat.

Kecamatan tersebut antara lain, Kecamatan Parengan, Soko, Rengel, Plumpang dan Widang.

"Lima kecamatan akan didirikan posko, yang sudah yaitu Rengel dan Soko," ujarnya kepada wartawan saat mengecek kondisi sungai Bengawan di Desa Kanorejo, Kecamatan Rengel, Senin (6/1/2020).

Dia menjelaskan, dari hasil susur sungai di aliran Bengawan Solo masih dinyatakan pada posisi aman, yaitu pada ketinggian sekitar meter.

Sebab, kategori memasuki darurat atau siaga hijau ada di angka ketinggian sekitar 15 meter.

"Masih aman untuk perairan sungai Bengawan di Tuban, kami akan pantau terus, terlebih ini musim penghujan," terangnya.

Sementara itu, Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono menambahkan, di posko ini ada petugas medis yang sudah disiapkan, dapur umum, dan fasilitas lain.

Harapannya agar jika nanti terjadi bencana banjir, maka para korban sudah mengetahui ke mana tempat yang aman untuk menyelematkan diri, tentu dipandu petugas.

"Posko ini tentu sangat berguna untuk para korban banjir nantinya. Kendati demikian, saat ini sungai Bengawan Solo masih terpantau aman," pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved