PDIP Akan Umumkan Paslon yang Diusung di Dua Daerah Penyelenggara Pilkada di Jatim

Di Jatim, dari 19 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada, baru ada dua daerah yang sudah siap diumumkan rekomendasinya oleh PDIP

PDIP Akan Umumkan Paslon yang Diusung di Dua Daerah Penyelenggara Pilkada di Jatim
SURYAOnline/sofyan arif candra sakti
Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi (tengah) diapit Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari Bisowarno (kiri) dan Wakil Ketua DPD PDIP Jatim, Budi 'Kanang'Sulistyo. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

SURYA.co.id | SURABAYA - DPP PDIP telah berkoordinasi dengan DPD PDIP Jatim terkait persiapan pengumuman rekomendasi untuk Pilkada Serentak 2020 yang rencananya akan diselenggarakan pada Rakernas I PDIP pada Januari 2020 ini.

Menurut Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Kusnadi, dalam koordinasi tersebut, DPP PDIP mendata DPC-DPC yang sudah siap mengeluarkan nama bakal calon yang akan diusung oleh PDIP.

Nama-nama yang disulkan oleh DPC itu selanjutnya dibawa ke DPP untuk dipertimbangkan oleh Megawati untuk kemudian diumumkan.

Kusnadi mengungkapkan, untuk Jawa Timur sendiri, dari 19 kabupaten/kota di Jatim yang menyelenggarakan Pilkada, hanya ada dua daerah yang sudah siap diumumkan rekomendasinya.

“Jadi nanti diumumkan dan langsung disahkan langsung,” kata Kusnadi, Minggu (5/1/2020).

Namun begitu, Kusnadi masih enggan membeberkan dua daerah tersebut.

Kusnadi yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Jatim itu menjelaskan, 17 DPC kabupaten/kota lainnya belum diumumkan karena berbagai alasan, mulai belum terbentuknya koalisi (jumlah kursi kurang) hingga masih mencari-cari pasangan bakal calon.

Katanya lagi, PDIP tidak mungkin mengeluarkan rekom untuk calon kepala daerahnya saja, sementara belum mempunyai wakilnya.

“Kenapa baru mengusulkan dua. Karena  di daerah masih sendiri belum berpasangan. Jadi tidak mungkin rekom hanya calon kepala daerahnya saja,” terangnya.

Selain itu, DPC-DPC di Jatim saat ini juga masih menunggu hasil survei internal karena tidak selesai pada waktu yang bersamaan.

Lembaga survei rencanya menyampaikan hasilnya ke partai pada pertengahan Januari 2020. Dari 19 kabupaten/kota, hanya delapan daerah yang surveinya telah selesai. 

“Padahal partai menginginkan hasil survey selesai pada Desember 2019,” tambahnya.

DPD PDIP Jatim berharap agar seluruh DPC segera mengusulkan nama-nama pasangan bakal calon, sehingga rekom bisa cepat keluar dan minimal sebulan sebelum pendaftaran ke KPU, seluruh kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada sudah mengantongi rekom dari DPP.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved