Berita Surabaya

SAR Surabaya Kirimkan Tim Rescuer ke Jakarta, Bantu Evakuasi Korban Banjir

Bantuan tenaga personil ini dilakukan atas permintaan dari kantor Basarnas pusat.

Foto Istimewa SAR Surabaya
Briefing pemberangkatan personil Kantor SAR Surabaya menuju ke Jakarta untuk membantu evakuasi korban banjir. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Satu tim rescuer SAR Surabaya berjumlah enam orang diberangkatkan ke Jakarta untuk membantu evakuasi korban banjir.

Mereka diberangkatkan ke Jakarta melalui jalur udara, Kamis (2/1/2020) malam.

Komandan tim rescuer dari Kantor SAR Surabaya, Wasis mengatakan semua anggota tim rescuer telah dibekali alat perlindungan diri seperti helm safety, life jacket, booties, serta peralatan rescue seperti tali webbing, carabiner, headlamp, senter, matras, dan throw bag.

"Selain itu para personil yang dikirim tersebut kita minta agar juga mempersiapkan kondisi fisik yang prima. Karena ketinggian air mencapai 1 meter bahkan beberapa lokasi bisa lebih dari itu. Jadi kondisi fisik dan stamina rescuer juga penting untuk diperhatikan ketika melakukan operasi agar kuat dalam menghadapi medan dan cuaca yang tidak menentu," ujarnya, Jumat (3/1/2020).

Sementara itu, Kepala Seksi Operasi dan Kesiapsiagaan Kantor SAR Surabaya, Al Amrad menjelaskan bantuan tenaga personil ini dilakukan atas permintaan dari kantor Basarnas pusat.

"Di mana kantor Basarnas pusat meminta agar beberapa kantor SAR yang lain dapat membantu Kantor SAR Jakarta menghadapi banjir yang sedang terjadi. Kantor SAR yang diminta untuk mengirimkan personilnya adalah Kantor SAR Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Lampung, Pekanbaru, Pontianak, Banjarmasin, Palembang, Mataram, Balikpapan, Bandung, dan Surabaya," terangnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa personil bantuan tersebut akan ditempatkan di Jakarta hingga pertengahan Januari.

"Diperkiraan cuaca ekstrim terjadi hingga pertengahan bulan ini sehingga rencananya bantuan tenaga personil akan berada di Jakarta sampai pertengahan bulan Januari ini," tandasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved