Berita Nganjuk

Bupati Nganjuk Kenalkan Aplikasi Smart City, Ini Tujuannya

Pemkab Nganjuk mulai kenalkan Aplikasi Smart City untuk pengembangan Desa di Kabupaten Nganjuk berbasis elektronik.

Pemkab Nganjuk
Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidhayat (jaket merah) bersama jajaran Pemkab Nganjuk saat mengenalkan program aplikasi Nganjuk Smart City untuk pengembangan Pemerintahan berbasis elektronik. 

SURYA.co.id | NGANJUK - Pemkab Nganjuk mulai kenalkan Aplikasi Smart City. Hal itu dilakukan selain untuk pengembangan jaringan Command Center, sekaligus sebagai upaya untuk pengembangan Desa di Kabupaten Nganjuk berbasis elektronik.

Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidhayat, menjelaskan melalui Aplikasi Smart City nantinya desa-desa di Kabupaten Nganjuk akan bisa memberikan pelayanan dan informasi secara elektronik kepada masyarakat. Baik itu untuk layanan dan informasi administrasi kependudukan dan Pemerintahan maupun layanan pelaporan dari Pemerintah Desa ke Pemerintah Kabupaten Nganjuk secara cepat.

"Melalui smart city ini nantinya diharapkan tidak lagi ada keterlambatan dalam pelayanan dan informasi kepada masyarakat dari Pemerintah. Karena semua pelayanan dan informasi nanti bisa dilakukan secara elektronik," kata Novi Rahman Hidhayat, kemarin.

Mas Novi, panggilan akrab Bupati Nganjuk, menjelaskan melalui apilikasi Smart City Pemkab Nganjuk nantinya juga akan dapat digunakan oleh masyarakat untuk mengetahui berbagai informasi pelayanan dan lainya.

Dengan demikian masyarakat bisa mengetahui apa yang bisa dilakukan dan dipersiapkan ketika melakukan pengurusan berbagai keperluan di Pemerintahan.

"Seperti untuk mengetahui apa saja persyaratan untuk mengurus akta kelahiran atau kartu keluarga dan sebagainya. Dengan demikian masyarakat tidak perlu bolak-bali untuk melengkapi persyaratan pengurusan dokumen kependudukan tersebut," ucap Mas Novi.

Disamping itu, tambah Mas Novi, dengan Nganjuk Smart City juga dapat diketahui berbagai layanan informasi kesehatan, pariwisata, lembaga legislatif, dan sebagainya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki menambahkan, ke depan pihaknya akan mengembangkan aplikasi Nganjuk Smart City, misalnya, dengan membentuk smart village, yakni desa yang sadar akan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Dengan demikian nantinya Pemerintahan Desa juga dapat memanfaatkan aplikasi Smart City untuk sosialisasi berbagai kegiatan yang dijalankan untuk bisa diketahui masyarakat, termasuk mengumpulkan usulan dari masyarakat untuk pembangunan.

"Yang pasti, melalui Aplikasi Nganjuk Smart city nantinya semuanya bisa diikuti dan diawasi serta dikritisi oleh masyarakat. Hal itu sebagai wujud transparansi birokrasi yang akan terus dikembangkan Pemkab Nganjuk dengan memanfaatkan sistem elektronik," tutur Slamet Basuki.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved