Berita Pamekasan

3 Bencana Ini Berpotensi Mengancam Pamekasan, Ini Imbauan BPBD

Memasuki pergantian musim dari musim kemarau ke penghujan, terdapat 3 jenis bencana yang bisa mengancam Kabupaten Pamekasan, Madura

Kuswanto Ferdian/TribunMadura.com
Suasan saat peristiwa pohon yang tumbang akibat hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Pamekasan, Selasa (25/12/2019). 

SURYA.co.id | PAMEKASAN - Memasuki pergantian musim dari musim kemarau ke penghujan, terdapat 3 jenis bencana yang bisa mengancam Kabupaten Pamekasan, Madura. Ketiga bencana tersebut di antaranya angin puting beliung, tanah longsor, dan banjir.

Supervisor Pusdal Ops BPBD Pamekasan, Budi Cahyono, mengatakan puncak musim hujan diperkirakan akan terjadi di bulan Januari dan Februari 2020. Oleh karena itu ia meminta agar masyarakat Pamekasan mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang yang cukup lama yang berpotensi bisa menyebabkan banjir dan tanah longsor.

Selain itu, Budi mengungkapkan, khusus bencana banjir yang mengancam Pamekasan hanya di daerah sepanjang aliran sungai, seperti di sungai Amin Jakfar, sungai Masigit dan sungai Patemon.

"Kalau bencana tanah longsor ada di Kecamatan Pakong dan Waru yang mana daerah tersebut letaknya lebih tinggi dan berbukit-bukit," kata Budi kepada TribunMadura.com (grup surya.co.id), Senin (30/12/2019).

Budi melanjutkan untuk bencana angin kencang atau puting beliung mengancam hampir di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Pamekasan.

Lebih lanjut ia menyampaikan jika penanggulangan bencana merupakan tanggungjawab semua warga negara yang tertuang dalam UU No. 24 Tahun 2007.

Kendati begitu, pihaknya mengimbau masyarakat Pamekasan agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi dampak lanjutan akibat hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin," imbaunya.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved