Tips Penting Perawatan Motor dari MPM Usai Perjalanan Mudik Nataru

Setelah mudik pada Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, alangkah baiknya jika melakukan perawatan agar kondisi motor Honda kesayangan tetap prima.

Tips Penting Perawatan Motor dari MPM Usai Perjalanan Mudik Nataru
SURYA.co.id/Fikri Firmansyah
Service sepeda motor dari para mekanik MPM Jatim & NTT untuk konsumen setianya, di MPM Simpang Dukuh, Surabaya, Minggu (29/12/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pada Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, mudik maupun liburan dengan menggunakan sepeda motor bisa jadi salah satu pilihan.

Sebab penggunaan motor saat mudik banyak di rasa masyarakat lebih praktis dan hemat kantong.

Dan setelah mudik, alangkah baiknya jika melakukan perawatan agar kondisi motor Honda kesayangan tetap prima.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Satyo Prahnowo selaku TSD Division Head MPM.

Berikut tips-tips perawatan motor ala MPM setelah melakukan perjalanan mudik di Hari Natal.

1. Ganti Oli

"Pada umumnya pergantian oli pada sepeda motor dianjurkan setelah 4 ribu km, nah jika mudik di luar daerah atau provinsi otomatis jarak semakin jauh, itu sebabnya oli mesin harus diganti," kata Satyo, Minggu (29/12/2019) di MPM Simpang Dukuh Surabaya.

2. Perhatikan dan Pahami Filter Udara Motor.

Saringan udara saat ini biasanya adalah tipe viscous elemen, di mana filter udara ini mengandung semacam oli untuk memaksimalkan menyaring debu.

Sedangkan, filter udara tipe viscous tidak perlu di semprot udara maupun dibersihkan secara berkala.

"Penggantian filter udara diperlukan guna memaksimalkan kinerja motor adalah tiap 16.000 km atau bisa lebih cepat (SDH menghitam sebelum 16000 km) terutama bila kondisi lingkungan atau jalan yg dilalui saat mudik sangat berdebu," ujarnya

3. Rantai atau CVT.

Dikatakan Satyo, rantai juga membutuhkan perhatian khusus ketika motor telah digunakan untuk mudik, karena komponen ini sebagai penyalur tenaga dari mesin roda.

"Rantai jika aus, baiknya segera ganti saja dengan yang baru bahkan juga beserta dengan gear depan dan belakangnya (gear set)," saran Satyo

Bahkan Satyo juga menyarankan, agar rantai sebaiknya dilumasi setiap 500 km/seminggu sekali (lebih sering dilumasi saat musim hujan) dan untuk CVT dibersihkan setiap 8.000 km dan penggantianya setiap 24.000 km.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved